get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Relawan Padati Rapat Akbar di Jayawijaya, Tekad Bulat Menangkan Kedua Paslon

KPU Papua Pegunungan Desak 5 Kabupaten Segera Selesaikan Pleno

Jum'at, 15 Maret 2024 | 04:11 WIB
header img
Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi Papua Pegunungan untuk Kabupaten Pegunungan Bintang. Foto : Darul Muttaqin/Fredy Nuboba

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Hingga Rabu, 13 Maret 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Pegunungan telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tiga kabupaten yaitu Mamberamo Tengah, Yalimo dan Pegunungan Bintang.

Pegunungan Bintang menjadi kabupaten selanjutnya yang menyelesaikan pembacaan perolehan suara hasil pemilu serentak 2024, dan masih tersisa lima kabupaten yang belum menyelesaikan rekapituasi tingkat kabupaten.

Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan, Daniel Jingga menyatakan bahwa proses rekapitulasi untuk Pegunungan Bintang berjalan baik, dengan telah memberikan waktu bagi setiap saksi partai politik, DPD dan juga saksi calon Presiden menyampaikan pandangannya terhadap hasil rekapitulasi yang dibacakan.

"Dalam kesempatan itu mereka sampaikan puas, sehingga hasil pleno berjalan baik," kata Daniel Jingga di Wamena, Jayawijaya, Kamis (14/3/2024).

Sementara, lima  kabupaten yaitu Jayawijaya, Lanny Jaya, Yahukimo, Nduga dan Tolikara, lanjut Daniel, masih menunggu kejelasan untuk pelaksanaan rekapitulasi.


Foto bersama Komisioner KPU Papua Pegunungan usai rapat pleno. Foto : Darul Muttaqin/Fredy Nuboba

KPU Papua Pegunungan berharap lima kabupaten tersebut secepatnya menyelesaikan pleno tingkat kabupaten lantaran mengacu pada regulasi, KPU provinsi hanya diberikan waktu hingga 14 Maret 2024.

"Saya harapkan lima kabupaten ada hasil pada Jumat besok, sehingga kita bisa selesaikan semuanya. Jika memang tidak ada hasil, maka KPU provinsi akan berkoodinasi dengan KPU RI karena batas waktu tingkat nasional pada 20 Maret 2024," kata Daniel.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pegunungan Bintang, Yulius Uopdana menyampaikan apresiasi terhadap KPU provinsi Papua Pegunungan yang telah menyelesaikan pleno rekapitulasi untuk daerahnya itu.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada TNI Polri sehingga pleno bisa berjalan dengan aman, lancar sesuai apa yang diharapkan.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut