get app
inews
Aa Read Next : Ikemal Deklasikan Dukungan Bagi Paslon Mari-Yo di Pilkada Provinsi Papua 2024

Koalisi 7 Non Seat Fakfak Kerucutkan Hasil Penjajakan Bacalon Cabup dan Cawabup serta Figur Pilgub

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:29 WIB
header img
Ketua tim koalisi 7 non seat Fakfak, Habasia Rumbouw saat memberikan keterangan Pers. (Foto : Adrian Kairupan)

"Jadi setelah kita lakukan survei atau proses penjajakan, diketahui khusus untuk Pilkada Fakfak 2024 ada 6 figur calon yang telah menyatakan akan maju sebagai bakal calon kepala daerah atau calon bupati fakfak. Namun baru 3 orang bakal calon yang lengkap dengan pasangannya,"Ungkap Habasia Rumbouw, Ketua Tim Koalisi 7 Non Seat Fakfak.

Para pasangan calon (Paslon) kandidat Calon Bupati - Calon Wakil Bupati Fakfak itu diantaranya, Paslon petahana, Untung Tamsil - Yohana Hindom, yang juga dikenal dengan sebutan Utayo jilid II dari partai pengusung utama adalah Partai Gerindra dan Partai PBB, Lalu ada Samaun Dahlan - Donatus Nimbetkendik dengan Partai pengusung utama adalah partai Golkar. Paslon selanjutnya, Abdul Karim Anggiluli - Chairudin Pawiloy, yang akrab disapa Haji Muda, yang disebut telah sukses mengikuti prosesi tahapan penjaringan di Partai PKS.

"Satu pasangan non partai atau independen itu adalah pasangan calon (paslon) Emanuel Komber dan Rico Thie dengan jargon "MARI". Dua nama lainnya yang disebut - sebut bakal ikut dalam bursa pilkada sebagai Bakal Calon Bupati (Cabup) namun belum ada pasangan calon wakilnya adalah bapak Abdul Razak Ibrahim Rengen yang juga selaku Kepala Bappeda dan Litbang Fakfak, serta Saleh Siknun anggota DPRD kader dari Partai PDI-Perjuangan,"Terang Habasia.

Habasia mengatakan bahwa bermodalkan kekuatan dan jaringan hingga di tingkat kampung, koalisi 7 parpol non-parlemen punya nilai tawar yang cukup untuk parpol parlemen dan para tokoh - tokoh atau figur yang digadang - gadang bakal maju dalam Pilkada Fakfak 2024. Sehingga komunikasi politik saat ini akan terus terbangun dengan sejumlah paslon yang telah lengkap dan siap, untuk kemudian menyelaraskan visi - misi dan komitmen membangun Fakfak.

"Kalkulasi kami, jika digabungkan 7 Partai Non Seat Fakfak ini mempunyai dukungan suara sah sebanyak 6.817 berdasarkan penetapan suarah Sah KPU Fakfak pada Pileg lalu,"Jelasnya.

Sementara untuk figur kandidat Pilgub Papua Barat 2024, dari sejumlah nama yang dijejaki di wilayah Fakfak, nama Drs. Dominggus Mandacan, M.Si, selaku kepala suku besar Arfak dan juga selaku ketua DPW NasDem Papua Barat menjadi primadona dikalangan masyarakat sebagai bakal calon gubernur selanjutnya periode 2024 - 2029.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut