get app
inews
Aa Read Next : Waket Pokja Adat MRPB Ingatkan Para Cakada Junjung Tinggi Demokrasi yang Berkualitas

KADIN Pabar Berperan Wujudkan Pengendalian Ekonomi dan Pembinaan Pengusaha di Daerah Naik Kelas

Rabu, 26 Juni 2024 | 17:51 WIB
header img
Pembukaan Muprov V Kadin Papua Barat tahun 2024. (Foto: Adrian Kairupan)

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), M. Arsjad Rasjid P.M, berharap pengurus dan kader Kadin di Papua Barat bisa menjaga eksistensi organisasi dan mendorong pembangunan daerah, secara maksimal sesuai visi - misi KADIN yang telah diatur berdasarkan amanat UU No. 1 tahun 1987 dan Keppres No. 18 Tahun 2022, sebagai bentuk penyempurnaan AD/ART Kadin dan 23 peraturan organisasi baru.

Demikian disampaikannya, dalam arahan pembukaan Muprov V Kadin Papua Barat tahun 2024, yang dilaksanakan Ballroom Aston Niu Hotel Manokwari, Papua Barat, Rabu (26/06/2024).

Hal ini tentu dengan maksud, KADIN Papua Barat haeis bisa hadir untuk membantu mengendalikan inflasi didaerah, serta mendorong kerjasama memulihkan perekonomian.

"Kita harus terus bisa mampu mendongkrak ekonomi daerah, dan juga kehadiran Kadin bisa menjadi wadah organisasi pembinaan dan pembentukan pengusaha - pengusaha di daerah yang muncul dari Papua Barat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan daerah,"Ucap Ketum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M.

Kehadiran Kadin juga, untuk diharapkan bisa mendorong pemulihan kesehatan dan pengembangan industri kesehatan nasional. Yang mama didalamnya turut mengavokasi kewirausahaan yang berkompeten serta mampu mengendalikan dominan perekonomian daerah dan nasional, peningkatan kompetensi anggotanya sebagai bentuk penguatan internal organisasi dan regulasi.

" Kita harus bisa menjaga stabilitas perekonomian dan kemudahan berwirausaha. Karena Sebenarnya dalam berusaha itu harusnya banyak kemudahan dan akses, agar perputaran perekonomian dan investasi itu bisa cepat masuk dan berkembang untuk membuka lapangan pekerjaan. Baik di indonesia secara luas dan di wilayah papua barat secara khusus. Karena komitmen kehadiran KADIN, harusnya bisa menjadi wadah pembinaan pengusaha - pengusaha naik kelas dari mikro, naik ke kecil, kecil ke menengah, dan menengah ke besar. Tentu hasilnya akan bermuara pada stabilitas perkenomian senuah daerah,"Jelas Arsjad Rasjid.

Senada akan itu, Pjs. Ketua Umum KADIN Provinsi Papua Barat, Michael Wattimena mengatakan bahwasannya dalam momentum pelaksanaan Muprov V Kadin Papua Barat, tak lain perlu menyelaraskan langkah - langkah pemerintah yang saat ini dan lima tahun kedepan secara komprehensif. Selain itu, Muprov V Kadin Papua Barat, harus mampu mengimplementasikan kebijakan - kebijakan Kadin Pusat Indonesia masa bakti 2021 - 2026 dengan Pemerintah Daerah.

Tentunya hal ini sebagai komitmen untuk bagaimana mendorong percepatan pengendalian perekonomian di daerah semakin tumbuh dan berkembang, dan mampu berdampak bagi para pelaku - pelaku Usahanya, baik pengusaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar.

"Sesuai tema, Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, kolaboratif, dan berkelanjutan sebagai acuan dalam menetapkan program - program kerja yang berjalan selaras untuk membangun indonesia secara khusus Papua Barat lebih baik kedepan dalam organisasi. Karena KADIN Papua Barat sangat dituntut untuk bisa memberikan dampak positif memainkan peran mengawal perekonomian di daerah dapat berjalan sesuai komitmen pemerintah menuju indonesia emas 2045,"Ucap Michael Wattimena.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Yacob S Fonataba mengatakan bahwasannya acara Muprov V KADIN Papua Barat ini sangat penting dan strategis dalam pembangunan Provinsi Papua Barat.

"Kita pemerintah sangat mendukung jalannya Muprov Kadin V Papua Barat ini. Kami menilai hal ini sebagai bentuk percepatan pembangunan sektor industri dan masyarakat papua barat,"Ucap Sekda Fonataba.

"Kami harap, sektor swasta bisa bersama terlibat aktif didalam pengembangan potensi - potensi daerah kita, dalam mengelola sumber daya alam, dan peningkatan sektor pertanian. Inilah yang sebenarnya potensi yang harus bersama - bersama digarap secara berkelanjutan. Selain di fakfak dengan Pala, di Mansel ada Kakao atau cokelat yang juga menjadi sektor pertanian unggulan yang menjadi perhatian untuk ditingkatkan,"Cetus Pj. Sekda Fonataba.

Adapun dalam laporan panitia, disampaikan oleh William Heinrich selaku ketua panitia pelaksana kegiatan Muprov V Kadin Papua Barat mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi segala bentuk kesiapan yang telah dilaksanakan oleh panitia didaerah, dan dukungan semua pihak demi kelancaran dan terlaksananya kegiatan Muprov V Kadin Papua Barat.

Tentunya, hal ini sebagai bentuk mengaharapkan kemajuan organisasi KADIN di Papua Barat. Selain itu, agar melalui kepengurusan ketua umum yang baru mampu merumuskan dan menyusun program kerja yang akan datang, dalam membentuk KADIN Papua Barat yang lebih produktif dan mengawal untuk percepatan pemulihan ekonomi dan berkembangnya investasi di daerah.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut