get app
inews
Aa Read Next : Jelang Tahap Penetapan Paslon Satgas Preventif OMP Cartenz II 2024 Intensifkan Kegiatan Patroli

Pemilih di Asmat Turun 18.045 Orang, Ketua Bawaslu PPS Instruksi Pandis Awasi Data Pemilih

Kamis, 12 September 2024 | 22:01 WIB
header img
Bimtek Pandis Se-Kabupaten Asmat di aula wiyata mandala Agats. (Foto : Petter Letsoin)

ASMAT, iNewsJayapura.id - Ketua Bawaslu Provinsi Papua Selatan, Ahmad Muhasir menginstruksikan seluruh Pengawas Tingkat Distrik (Pandis) Se-Kabupaten Asmat untuk mengawal proses tahapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang sedang berlangsung.

Pernyataan ini disampaikan via zoom oleh Muhasir dalam acara pembukaan Bimtek Pandis dalam menghadapi pemilihan serentak wilayah Papua Selatan, Kabupaten Asmat di aula wiyata mandala Agats. Kamis (12/09/2024) malam.

Ia mengingatkan Pengawas Distrik hendaknya secara kewenangan agar terus melakukan pengawasan data pemilih sehingga pada pemilihan setentak nanti, bisa diperoleh data yang lebih akurat.

"Tolong diawasi terkait dengan DPS HP,” ucapnya.

Karena Asmat dari pemiliu legislatif kemarin jumlah pemilih sebanyak 80.122, namun pada hasil pleno DPS yang kami terima untuk pilkada hanya 62.077. Terjadi penerununa sekitar 18.000 sekian. Oleh sebab itu menjadi perhatian kita semua," jelas Muhasir.

Ia menyarankan agar Pandis dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat yang belum terdaftar di DPS, maupun DPS HP agar segera melakukan pendaftaran ke PPS maupun PPD setempat.

"Yang kita antasipisasi adalah jangan sampai terjadi permasalahan saat pemungutan suara nanti," jelasnya.

Selain itu, Ia mengingatkan Pandis bawasannya tahapan pilkada serentak telah masuk tahapan krusial, dimana pada 22 september akan dilakukan penetapan calon Bupati dan wakil Bupati, Gubernur, dan wakil Gubernur.

"Kita harus mempersiapkan diri kita, tenaga dan pikiran kita karena Pengawas distrik merupakan ujung tombak pengawasan di tingkat distrik. Kami minta agar pengawas distrik untuk tidak memiliki keberpihakan," pungkasnya.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut