get app
inews
Aa Read Next : Mari-Yo Resmikan Posko Baramuda Solata, Militansi Pemuda Toraja Jangan Diragukan

Peduli Lingkungan, Koalisi Anak Adat Serukan Perlindungan Hutan Alam Papua ke Para Calon Pemimpin

Senin, 16 September 2024 | 05:53 WIB
header img
Koalisi anak adat saat menyerukan perlindungan hutan alam Papua. (Foto : Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Dalam upaya melindungi kekayaan hutan alam Papua dari ancaman deforestasi yang semakin ugal-ugalan, empat Komunitas Lingkungan mendesak calon Gubernur, Wali kota dan Bupati di Provinsi Papua yang berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk memasukkan pelindungan lingkungan hidup sebagai salah satu agenda utama dalam kampanye.

Hutan Papua dikenal sebagai salah satu hutan hujan tropis terakhir yang masih utuh di Indonesia, bahkan di dunia. Selama ratusan tahun, ia telah berfungsi sebagai rumah bagi keanekaragaman hayati serta memainkan peran penting dalam pengaturan iklim global. Namun, ancaman terhadap hutan Papua telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Konversi lahan untuk perkebunan kelapa sawit dan penebangan liar mengancam ekosistem biodiversitas dan kesejahteraan komunitas lokal. Dalam dua dekade, Pulau Papua kehilangan 641,4 ribu hektare hutan alam. Deforestasi meningkat sejak 2012, dengan puncak terluasnya terjadi di tahun 2015.

Tak hanya itu, sepanjang 2001-2020 Provinsi Papua kehilangan 438 ribu hektare hutan alam dengan deforestasi terluas di antaranya Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Nabire, Mimika, dan Mappi—sejumlah kabupaten yang kini masuk provinsi baru setelah pemecahan wilayah Papua di antaranya Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Kami mendesak para calon Gubernur, Wali kota dan Bupati di Provinsi Papua untuk mengembangkan kebijakan yang efektif untuk memerangi deforestasi, mendukung konservasi, dan memperkuat penegakan hukum lingkungan.

Seiring meningkatnya aktivitas illegal logging dan konversi lahan, dampak negatif terhadap ekosistem dan masyarakat lokal semakin terasa. Oleh karena itu, kami anak muda Papua yang tergabung dalam Koalisi Anak Adat Peduli Lingkungan menyerukan agar calon Gubernur Papua mengimplementasikan strategi yang inovatif dan berkelanjutan untuk menangani masalah ini. Langkah-langkah yang diperlukan meliputi peningkatan pengawasan, penegakan hukum yang ketat, serta dukungan terhadap inisiatif konservasi berbasis masyarakat.

Melalui pendekatan yang komprehensif, termasuk kerjasama dengan masyarakat adat, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta, diharapkan dapat ditemukan solusi yang berkelanjutan untuk melindungi hutan alam Papua. Dukungan dan komitmen calon Gubernur Papua sangat penting untuk memastikan bahwa hutan alam Papua tetap menjadi warisan yang tak ternilai bagi generasi mendatang.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut