Gempa Bumi Tektonik M3.4 di Kota Jayapura Papua Tidak Berpotensi Tsunami

Fredy Nuboba
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura. Foto : Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Kejadian dan Parameter Gempa Bumi, rabu, (18/1/23) pukul 05:47:03 WIT, Kota Jayapura Papua, kembali diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG Jayapura menunjukkan gempa bumi ini, memiliki kekuatan M3.4. Episenter pusat gempanya terletak pada koordinat 2.45° LS dan 140.72° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km Timur Laut Kota Jayapura berkedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi :
Memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di Wilayah Kota Jayapura.

Dampak Gempa Bumi : 
Gempa bumi M3.4 dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa Bumi Susulan:
Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga 18 Januari 2023 pukul 06.00 WIT, telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 756 kali dengan 62 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat dan cukup besar getarannya.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan getaran gempa bumi, ataupun  tidak ada kerusakan  yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.
 

Editor : Herawati

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network