Gempa Bumi M5,1 Guncang Intan Jaya, BMKG: Akibat Deformasi Batuan Papua Continental Basement

Binti Mufarida
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan analisis terkait gempa bumi dengan kekuatan M5,1 yang mengguncang Intan Jaya, Papua Tengah. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsJayapura.id -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan analisis terkait gempa bumi dengan kekuatan M5,1 yang mengguncang Intan Jaya, Papua Tengah, Sabtu, 7 September 2024 pukul 08.14.07 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa Intan Jaya ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9. Episenter gempa hari ini terletak pada koordinat 3,93° LS ; 136,93° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 51 Km arah Tenggara Intan Jaya, Papua Tengah pada kedalaman 169 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan pada Papua Continental Basement,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun dengan kombinasi mendatar ( oblique normal fault ).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network