Pj. Bupati Mappi Teken MoU Dengan Dirut RSUP Wahidin Makassar Untuk Layanan Kesehatan Rujukan

muhammad syahrir muslimin
Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar dan Direktur Utama RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, Syafri Kamsul Arif, setelah tanda tangan MOu Selasa (7/2/23) di Makassar. Foto : Istimewa

MAPPI, iNewsJayapura.id – Pemerintah Kabupaten Mappi berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Diwujudkan melalui kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk memberikan layanan rujukan kepada masyarakat Mappi.

Hal itu dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama Pelayanan Kesehatan Rujukan yang ditandatangani oleh Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar, dengan Direktur Utama RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, Syafri Kamsul Arif, Selasa (7/2/23) di Makassar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Mappi, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi, Dokter Ronny Herry Tombokan, Direktur Utama RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, bersama jajaran Direksi.

Pj Bupati Mappi, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dengan sambutan Direksi RSUP DR Wahidin yang membuka hati dan memberi kesempatan kepada Pemkab Mappi untuk menjalin kerjasama pelayanan kesehatan rujukan.

Kata Pj Bupati penandatangan kerjasama ini berdasarkan hasil assessment dan juga koordinasi yang telah dilaksanakan Kepala Dinas Kesehatan Mappi menindaklanjuti visi misi dan kebijakan program prioritas Kabupaten Mappi. Dimana RSUP Wahidin dengan prestasi yang sudah dicapai diyakini dapat memberikan jaminan mutu pelayanan dan akses kesehatan kepada masyarakat Mappi.

“Saya Pj Bupati Mappi dan Kadis Kesehatan Mappi kami sampaikan apresiasi, terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Bapak Direktur dan jajaran direksi yang sudah memberikan pelayanan, membuka kesempatan sesuai dengan kebijakan Menteri Kesehatan untuk membangun pelayanan kesehatan baik regional maupun sampai urban area dan ini menjadi komitmen kita bersama untuk terus melakukan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Untuk menjalankan program ini, Pemkab Mappi mengalokasikan anggaran yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat khususnya orang asli Papua dan masyarakat yang lahir dan besar di Mappi.

kebijakan ini juga sesuai mandatori Pemerintah Pusat kepada seluruh pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengalokasikan dana Otsus dan juga 20 persen APBD untuk pendidikan dan kesehatan. Anggaran inilah yang dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan agar manfaat dan dampaknya benar-benar tepat sasaran.

Kerjasama ini tentunya secara berkala akan dilakukan penilaian dan evaluasi. Kekurangan yang belum terselesaikan jadi bahan evaluasi baik bagi Pemkab Mappi mapun RSUP DR Wahidin untuk dilakukan pembenahan.

“Kami berharap pelayanan kesehatan rujukan melalui perjanjian kerjasama ini tentunya dapat memberi manfaat bagi kita semua dan jadi pilot project kepada Kabupaten/Kota di Tanah Papua yang belum menjalin kerjasama,” tuturnya.

Pj Bupati menerangkan, kerjasama ini dilakukan mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh RSUD Kabupaten Mappi yang masih tipe D. Masih memiliki kekurangan yang harus dibenahi seperti tenaga medis, dokter dan spesialis yang masih terbatas, dan untuk melengkapi itu membutuhkan waktu yang tentunya tidak singkat. Sementara pelayanan kesehatan tidak  bisa ditunda, sehingga Pemkab Mappi mengambil kebijakan untuk bekerjasama dengan beberapa rumah sakit.

Selain dengan RSUP DR Wahidin Makassar, Pemkab Mappi juga akan menjalin kerjasama dengan beberapa Rumah Sakit dalam memberikan layanan Kesehatan Rujukan yakni, RSUD Merauke, RSUD Dok II Jayapura dan RS Ortopedia Solo.

 

Editor : Herawati

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network