Digelar 9-12 Maret, Beberapa Isu akan Dibahas di Muktamar III Majelis Muslim Papua

Natalia Yoku
Konferensi pers Panitia Pelaksana Muktamar III Majelis Muslim Papua. Foto : iNewsJayapura.id/Natalia Yoku

JAYAPURA, iNewsJayapura.idMuktamar III Majelis Muslim Papua (MMP) siap digelar di Kota Jayapura, Papua. Sebanyak 32 pengurus wilayah kabupaten kota dipastikan akan hadir.

Ketua Panitia Muktamar III MMP, Latifah Buswarimba Alhamid mengatakan, persiapan Muktamar III MMP telah dilaksanakan empat bulan lalu, setelah konsolidasi dilakukan November 2022, diputuskan Maret 2023 ini akan diadakan Muktamar tersebut.

Untuk menyukseskan acara tersebut, pihaknya telah membangun komunikasi terhadap enam provinsi yang ada di Tanah Papua.

"Kami juga bertemu dengan Pemkab se-Tanah Papua, pihak Pangdam, Kepolisian, DPR, dan tokoh-tokoh masyarakat atau agama, perempuan termasuk pemuda agar dapat terlibat," kata Latifah, Senin (6/3/2023).

Latifah menyebutkan, undangan yang akan hadir terdiri dari peserta dan peninjau dalam pelaksanaan sidang-sidang yang dilangsungkan selama Muktamar III MMP.

UMKM serta hiburan juga akan dilibatkan dalam Bazaar dan dipusatkan di halaman atau pelataran hotel.

"Tak hanya agenda sidang saja, Muktamar III MMP juga akan diisi oleh kegiatan kampung rakyat," ucapnya.

Kegiatan tersebut terbuka untuk seluruh warga Kota Jayapura, tanpa terkecuali dan pihak panitia mengundang siapa saja agar memeriahkan pelaksanaan Muktamar III MMP.

Thaha Muhammad Alhamid pendiri MMP  dalam kesempatan yang sama  mengatakan tema dari Muktamar III MMP adalah memposisikan kembali lembaga MMP, dengan memasuki babak baru menyikapi perubahan terkait adanya pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

“Untuk itu dari semua diskusi-diskusi kami akan membuat suatu keputusan yang mengatur semua sistem di dalam MMP,” ujarnya.

Sesuai visinya rahmatan lilalamin, ia mengatakan MMP dapat mengembangkan sampai ke semua wilayah Tanah Papua dan membangun eksistensi, serta mengoptimalkan potensi yang ada di masyarakat Papua.

Sementara itu, Sekretaris Steering Komite, Marthen Luther Sesa  menyampaikan peran media sangat penting untuk menyukseskan Muktamar III MMP.

Ia menambahkan dalam Muktamar III MMP juga akan dilakukan pemilihan ketua dan pengurus MMP Periode 2023 – 2028.

Selain persidangan dalam muktamar III MMP akan digelar juga dialog budaya dan agama, serta isu yang akan didiskusikan bersama tokoh tokoh berkompeten di bidangnya, salah satu materinya terkait peliang dan tantangan DOB.

Ekonomi kerakyatan  juga akan dibahas dalam muktamar III MMP guna menggali potensi sumber daya ditanah Papua.

Pelaksanaan Muktamar III MMP akan diadakan di Hotel Suni Abepura, mulai 9 hingga 12 Maret 2023.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network