MAPPI, iNewsJayapura.id - Pemerintah Kabupaten Mappi bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggelar sosialisasi pemasaran pariwisata bagi pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif Mappi di Pendopo, Senin (20/11/2023).
Materi dibawakan langsung oleh Dwi Marhen Yono selaku Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Dalam papaparannya, Dwi Marhen menekankan pentingnya teori "4P" dalam pemasaran.
"Jadi nanti ingat-ingat 4P saja, satu product, yang kedua adalah packingnya, P yang ketiga adalah price, lalu yang ke empat yang paling penting adalah promotion," jelasnya.
Untuk 'product', Dwi Marhen menekankan pentingnya produk yang bagus dan bisa bersaing. Sementara utuk 'packaging', ia menjelaskan bahwa kemasan produk harus dibuat menarik dan bersih serta telah memiliki sertifikasi BPOM atau IRT.
Lanjut terkait 'price' , Marhen memberikan gambaran mengenai kewajaran harga suatu produk. Menurut Marhen, produk dapat dijual dengan harga tinggi jika memang memiliki nilai yang layak, misalnya memiliki cerita atau history yang panjang. Sementara untuk produk yang sama, sebaiknya penjual menawarkan harga sedikit lebih murah dibanding kompetitor.
Lalu terkait promosi, Marhen menuturkan bagaimana sebaiknya memanfaatkan digitalisasi agar produk di Mappi bisa dibeli orang di luar Mappi, bahkan hingga ke luar negeri.
"Nanti akan kita kurasi, kita bantu pemasaran, dengan sistem digital, nanti pembeli bisa beli langsung produk dari Mappi, bahkan hingga ke luar negeri," ucapnya.
Editor : Damn
Artikel Terkait