JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Kualitas layanan telekomunikasi Telkom Grup di area Merauke, Papua Selatan kembali mengalami penurunan pada Kamis (4/1/2024).
Penurunan kualitas layanan terjadi pada pukul 11 : 50 WIT disebabkan adanya gangguan pada kabel optik milik Telkom.
Gangguan Sistem Komunikasi Kabel Laut Sulawesi Maluku Papua Cable System atau SKKL SMPCS ruas Merauke Timika dengan jarak 138 kilometer dari Merauke terjadi di kedalaman 42 meter.
“Sehingga layanan Telkom Grup area Merauke mengalami degradasi atau penurunan kualitas,” kata Karel Koirewoa selaku Manager Performance, Risk & QOS yang juga Pelaksana Operasional Harian Telkom Witel Papua di Jayapura, Senin (8/1/2024).
Karel mengatakan, saat ini layanan Telkom Group area Merauke telah dialihkan menggunakan backup link Palapa Ring Timur dan satelit.
Menurutnya, Telkom berupaya mempercepat perbaikan sebelum pelaksanaan Pemilu pada Februari mendatang.
"Kami optimis perbaikan rampung sebelum Pemilu. Investigasi sudah dilakukan. Saat ini kami fokus penyediaan alat yang akan digunakan untuk melakukan perbaikan," jelas Karel.
Untuk mempercepat perbaikan indikasi luka pada jaringan kabel laut atau shunt fault ruas Merauke – Timika, Telkom mendatangkan kapal khusus Dnex Pacific Link atau DPL.
Plh Manager Network Telkom Witel Papua, Fatkhu Rakhman mengatakan, kapal DPL telah berlayar dari Batam.
"Kapal saat ini posisinya di Batam, diperkirakan tiba di Merauke pada Februari mendatang. Jadi estimasi perbaikan sebulan," ucap Fatkhu.
Editor : Sari
Artikel Terkait