KPU Kabupaten Yahukimo Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada 2024

Paul Karma
Foto bersama Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan, Naftali Emmanuel Paweka, anggota KPU dan Bawaslu serta pihak Kepolisian Kab. Yahukimo usai penutupan pendaftaran hari pertama. (Foto : Paul Karma)

YAHUKIMO, iNewsJayapura.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo telah resmi membuka penerimaan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada 2024, Selasa (27/08/2024). 

Meskipun persiapan telah dilakukan dengan matang, hingga penutupan pendaftaran hari pertama, belum ada satu pun pasangan calon yang datang mendaftar.

Namun, diperkirakan akan ada dua bakal calon yang dijadwalkan mendaftar pada tanggal, 28 dan 29 Agustus 2024. Proses pendaftaran ini diawasi langsung oleh berbagai pihak terkait, bawaslu yahukimo, termasuk Kepolisian Resor Yahukimo dan KPU Provinsi Papua Pegunungan.

Ipda Stevanus Gilinem, yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pengawasan (Kasiwas) Polres Yahukimo, turut hadir dalam kegiatan pembukaan ini untuk memastikan bahwa proses pendaftaran berjalan dengan aman dan tertib.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan, Naftali Emmanuel Paweka, yang didampingi oleh staf KPU Provinsi Papua Pegunungan serta dua komisioner KPU Yahukimo, Yan Kobak dan Saul Ossu. Serta Turut hadir pula Sekretaris KPU Yahukimo, Joy Markus Bukorsyom, Kasubag Teknis Penyelenggaraan Daivind G.A. Wartanoi, Kasubag Hukum dan SDM Yacobus T. Pasorong, dan Kasubag Perencanaan Data dan Informasi Ditnev Widiastuti, bersama seluruh staf KPU Yahukimo.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 08 Tahun 2024, tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, Naftali Emmanuel Pawika menjelaskan bahwa kehadirannya di Yahukimo adalah untuk memantau langsung pelaksanaan tahapan pencalonan, bupati, dan wakil bupati di Pemilu tahun 2024.

"KPU Kabupaten Yahukimo telah siap 100 persen. Semua staf beserta dua komisioner KPU sudah siap sejak pagi hari pada tanggal 27 Agustus," ujar Naftali.

Meskipun belum ada pasangan calon yang mendaftar pada hari pertama, Naftali optimis semua proses dan tahapan pendaftaran akan berjalan dengan aman dan lancar.

Naftali juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pendaftaran berlangsung.

"Kami membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di Kabupaten Yahukimo yang kita cintai ini," tambahnya.

Pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati di KPU Kabupaten Yahukimo akan berlangsung hingga 29 Agustus 2024. Setelah itu, tahapan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan di Jayapura, yang akan dilaksanakan di beberapa rumah sakit yang telah ditentukan.

Semenara itu, Ipda Stevanus Gilinem, juga menyatakan dukungan penuh dari Polres Yahukimo terhadap seluruh tahapan pendaftaran. 

"Kami dari kepolisian, khususnya Polres Yahukimo, siap bersinergi dengan pihak KPU untuk menjaga keamanan di wilayah Yahukimo," jelasnya.

Diharapkan, seluruh rangkaian proses pendaftaran ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta menghasilkan pemimpin yang kompeten untuk Kabupaten Yahukimo.

Editor : Darul Muttaqin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network