Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen Resmi Daftar Cagub dan Cawagub ke KPU Papua

Fredy Nuboba
Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen (Mari - Yo) resmi mendaftar sebagai Bacagub dan Bacawagub Papua, pada Pilkada Serentak 2024. (Foto : Fredy Nuboba)

Menjalani Prosesi Adat

Pasangan Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen mengikuti proses pengukuhan adat sebagai Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua mewakili anak adat Bade dan Biak Numfor.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan mahkota/topi adat oleh Ketua Dewan Adat Byak (Biak) di Tanah Tabi, Mananwir Dorus Awom, dan disaksikan oleh para tetua adat Byak, masyarakat Byak di Tanah Tabi dan massa pendukung.

Pengukuhan adat sekaligus pemberian restu ini dilakukan, sesaat sebelum pasangan Mari-Yo mengikuti prosesi deklarasi dan pendaftaran sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Mathius Derek Fakhiri, sebagai Bakal Calon Gubernur Papua periode 2024 - 2029.

Mananwir Dorus Awom mengatakan, ini merupakan pengukuhan adat untuk mengangkat dan merestui Aryoko Rumaropen maju sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Papua.

"Semoga Tuhan menganugerahkan kuasa kasihNya kepada Aryoko Rumaropen untuk memimpin di tanah ini, sebagai wakil Pemerintahh Indonesia untuk membawa lebih baik ke depan," katanya.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Dewan Adat Byak Provinsi Papua, Yan Piet Yarangga.

"Hari ini kita mengantar Aryoko dan Fakhiri, momentum politik ini harus kita kawal sampai pada pemungutan suara pada 11 November mendatang," ucapnya.

"Pasangan Fakhiri Aryoko harus konsisten jalankan amanat Allah. Ritual pengukuhan adat ini adalah bentuk konsekuensi bahwa kita mau ada pemimpin yang bisa menyelamatkan negeri Papua ini, baik masyarakat asli Papua maupun non Papua yang hidup di tanah ini, mari kita jadikan Papua sebagai rumah bersama yang aman dan damai. Jangan bangun isu agama, kita harus memandang secara rasional sesuai visi papua aman, damai dan sejahtera," tegasnya.

"Aryoko jadi simbol permintaan doa masyarakat tabi saireri. Aryoko mewakili odentitas politik anak byak, dan hari ini saya mau pastikan komitmen konsekuensi orang biak," tegasnya lagi.

Editor : Darul Muttaqin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network