Bandara Pogapa Ditembaki, Panglima Habema Berdarah Kopassus Ini Kerahkan Satgas TNI Halau OPM

SM Said
Prajurit Koops Habema dibantu warga berhasil menghalau Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) Pimpinan Keni Tipagau yang mencoba meneror Distrik Hameyo, Jumat (30/8/2024). Foto suasana di Distrik Hameyo usai teror OPM/ Pen Kogabwilhan III

INTANJAYA, iNewsJayapura.id–Prajurit Koops Habema dibantu warga berhasil menghalau kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Keni Tipagau yang mencoba meneror Distrik Hameyo, Jumat (30/8/2024). Sebelumnya sempat terjadi baku tembak antara pasukan jajaran Koops Habema dengan OPM Pimpinan Keni Tipagau di Ujung Bandara Pogapa, Intan Jaya, Papua Tengah.

OPM sebelumnya pada Selasa, 20 Agustus 2024 telah mengirimkan sepucuk surat ke Satgas jajaran Koops Habema yang bertugas di Distrik Hameyo. Dalam Surat yang ditandatangani Keni Tipagau tersebut mengancam akan menembak setiap pesawat yang akan mendarat di Bandara Pogapa bila keinginannya tidak dipenuhi untuk mendapatkan bagian dalam proyek-proyek pembangunan di Distrik Homeyo.

Menanggapi surat tersebut, Panglima Koops Habema, Brigjen TNI Lucky Avianto, telah memerintahkan Satuan Tugas TNI yang berada di Distrik Homeyo untuk meningkatkan pengamanan wilayah, khususnya terhadap setiap penerbangan yang mendarat maupun lepas landas dari Bandara Pogapa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan stabilitas keamanan yang mendukung kelancaran roda perekonomian dan kehidupan masyarakat Homeyo.
  
Rupanya, OPM tidak puas dengan respon Prajurit Koops Habema, sehingga pada Jumat  30 Agustus 2024, sekitar pukul 10.20 WIT, melancarkan gangguan tembakan senjata di Ujung Bandara Pogapa. Merespon hal tersebut, para Prajurit Habema yang bertugas di Homeyo langsung meningkatkan pengamanan dengan membalas tembakan OPM serta melakukan pengejaran.

Berselang hampir 20 menit kemudian, melalui pantuan Aparat Keamanan, terjadi perlawanan Masyarakat Homeyo kepada Kelompok OPM yang berada di Kampung Janogo, Distrik Homeyo. 

Dalam pantauan tersebut, terlihat Masyarakat Homeyo melakukan perlawanan fisik dan berusaha untuk menghalau anggota OPM keluar dari wilayah Distrik Homeyo.

Alhasil, perlawanan Masyarakat Homeyo tersebut telah berhasil menolak serta menghalau OPM Kelompok Keni Tipagau keluar dari wilayah Distrik Homeyo. Keberhasilan ini, langsung dilaporkan oleh para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Distrik Homeyo kepada para Prajurit Habema yang bertugas mengamankan wilayah Homeyo. Dalam laporan tersebut, masyarakat menyatakan sikapnya untuk selalu siap angkat panah atau siap perang melawan Kelompok OPM yang akan mencoba memasuki wilayah Homeyo.

“Inisiatif para Prajurit Habema di Distrik Homeyo yang aktif melakukan pengamanan wilayah serta melakukan Komunikasi Sosial secara inklusif dengan segenap warga masyarakat, telah menghasilkan sikap heroik dan semangat nasionalisme tinggi pada diri masyarakat Homeyo, yang akan berdampak positif mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua,” kata Panglima Habema, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network