KPU Papua Merilis Hasil Penelitian Persyaratan Administrasi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua

Fredy Nuboba
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua. (Foto : Dok. iNewsJayapura.id)

JAYAPURA.iNewsJayapura.id - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua telah merilis hasil penilitian persyaratan hasil administras perbaikan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua.

Komisi pemilihan Umum Provinsi Papua, dalam pengumuman resminya Nomor : 4/PL.02.2-Pu/91/2.1/2024 tentang penerimaan masukan dan tanggapan masyarakat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada pemilihan serentak secara nasional Tahun 2024, yang di keluarkan di Jayapura 14 September 2024, menyebutkan bahwa dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Matius D Fakhiri - Aryoko Rumaropen  dan Benhur Tommy Mano – Yeremias Bisay menyebutkan hasil penelitian persyaratan administrasi perbaikan kedua pasangan bakal calon dinyatakan memenuhi syarat.

Atas hasil penelitian tersebut KPU Papua mengumumkan penerimaan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap kedua pasangan bakal calon.

“bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 137 Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua mengumumkan Penerimaan Masukan dan Tanggapan Masyarakat terhadap Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua,” isi pengumuman

Masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan atas calon dan/atau Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Pada Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 melalui:

1. Portal Publikasi Pemilu dan Pemilihan pada laman: https://infopemilu.kpu.go.id dalam fitur “tanggapan” dengan cara:

a. memilih tahapan “Pencalonan Peserta Pemilihan Kepala Daerah”

b. memilih kategori “Tanggapan terhadap Pasangan Calon Pemilihan Kepala Daerah”

c. memilih calon yang akan diberikan masukan dan tanggapan

d. mengisi data identitas pemberi masuan dan tanggapan masyarakat

e. mengisi jenis masukan dan tanggapan berupa:

1. dukungan atas calon dan/atau pasangan calon,

2. masukan dan tanggapan masyarakat terkait: pasangan calon, status sebagai mantan terpidana dan terpidana termasuk jenis tindak pidananya dan/atau hasil penelitian persyaratan administrasi calon/penelitian perbaikan persyaratan administrasi calon.

f. menuliskan uraian.

g. mengunggah dokumen yaitu: KTP-el dan/atau dokumen bukti penunjang yang relevan. h. menekan “SUBMIT” 2. secara luring ke Kantor KPU Provinsi Papua dengan alamat Jalan Holtekamp Raya, Muara Tami, Kota Jayapura penyampaian masukan dan tanggapan masyakat secara luring dilakukan dengan cara:

a. mengisi daftar hadir.

b. mengisi formulir Model TANGGAPAN. MASYARAKAT.KWK.

c. menyerah formulir sebagaimana dimaksud huruf b kepada KPU Provinsi Papua

d. menyerahkan fotokopi KTP-el dan/atau dokumen bukti penunjang yang relevan.

Dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi dan mendorong partisipasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tahun 2024, KPU Provinsi Papua mengumumkan visi, misi dan program pasangan calon.

Masukan dan Tanggapan Masyarakat terhadap calon dan atau Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Pada Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 diterima oleh KPU Provinsi Papua pada tanggal 15 - 18 September 2024.

Editor : Darul Muttaqin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network