get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Puncak Hari Bhakti ke-73, Imigrasi Jayapura Gelar Upacara di Perbatasan RI – PNG

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:43 WIB
header img
Upacara dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-73 yang dilaksanakan di perbatasan RI-PNG di Skouw, Kota Jayapura, Papua. Foto : iNewsJayapura.id/Darul Muttaqin.

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Puncak peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di wilayah Papua di pusatkan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG di Skouw, Kota Jayapura, Papua yang diawali upacara bendera, Kamis (26/1/2023).

Kepala Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jayapura, Muhammad Akmal mengatakan, peringatan Hari Bhakti Imigrasi diselenggarakan di wilayah perbatasan sejalan dengan program yang akan dilakukan yaitu membenahi wilayah tersebut.

‘’73 tahun ini kami ingin berubah lebih baik terutama pelayanan keimigrasian seperti pengurusan paspor, dan memperketat akses orang asing yang masuk dan keluar melalui wilayah perbatasan, baik yang ada di Jayapura, maupun di wilayah pegunungan,’’ jelas Akmal.

Selain itu, ia akan menjalin sinergi dengan instansi khususnya di wilayah perbatasan lantaran banyak permasalahan yang cukup rumit.

‘’Permasalahan kompleks di perbatasan ini terkait perlintasan orang. Kantor Imigrasi akan mendata kunjungan sementara maupun tetap, dan menjaga stabilitas nasional khususnya orang asing yang tinggal di wilayah kerja Imigrasi Kelas I TPI Jayapura,’’ ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius Ayorbaba berharap, jajaran Imigrasi tidak hanya bekerja melayani masyarakat di kantor saja, tetapi harus memiliki kecepatan dalam kinerja.

Terkait pelaksanaan puncak Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di wilayah perbatasan, Anthonius mengatakan wilayah perbatasan menjadi titik sinergitas dan kolaborasi dengan stakeholder.

‘’Bahwa upaya penegakan hukum di wilayah perbatasan hanya bisa terbangun dengan sinergitas dan kolaborasi,’’ ujar Anthonius.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan Pas Lintas Batas (PLB) kepada tiga orang pemohon, dan permohonan paspor gratis yang dalam proses bertepatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 bagi empat orang.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut