get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Pemerintah Papua Harap STC 2023 Tingkatkan Kunjungan Wisata dan Minat Investor

Sabtu, 04 Februari 2023 | 13:02 WIB
header img
Tabuh tifa secara bersama dalam acara launching Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Jakarta. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa.

JAKARTA, iNewsJayapura.id – Plh. Gubernur Papua pada laporannya yang dibacakan oleh Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Setda Papua, Suzana Wanggai mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat yang memberikan perhatian pada semua aspek pembangunan di Papua tak terkecuali kegiatan launching STC-2023.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para Bupati penyelenggara dalam hal ini para Bupati di kawasan Teluk Cendrawasih diantaranya, Bupati Biak, Bupati Waropen, Bupati Kepulauan Yapen dan Kabupaten Sarmi yang secara langsung bersama-sama memberikan dukungan dalam bentuk komitmennya mengalokasikan Anggaran pada APBD 2023 guna terselenggaranya STC-2023. 

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Papua sangat siap dan secara konsisten memberikan asistensi mulai dari proses awal dalam bentuk fasilitasi dan koordinasi antar stakeholder, tahapan penyelenggaraan launching dan nantinya pada setiap agenda acara STC-2023 yang akan digelar di beberapa daerah di Papua, serta pada puncak acara  tanggal 1-7 November 2023 di Kabupaten Biak Numfor. 

‘’STC-2023 adalah event bahari yang sangat komprehensif mengenalkan potensi bahari, potensi pariwisata dan sosial budaya di Papua,’’ ucapnya.

Ia berharap, event ini dapat meningkatkan kunjungan wisata dan minat investor di Provinsi Papua serta Kedaulatan Maritim Indonesia di Kawasan Pasific.

Selain hal tersebut, ia juga mengajak seluruh masyarakat di Papua untuk mensukseskan acara ini dengan menjaga situasi kondisi aman dan damai di Papua, khusus bagi masyarakat di kabupaten penyelenggara agar meningkatkan kreatifitas dan invosi dalam segala hal sehingga dengan ivent ini bisa memberikan nilai tambah guna peningkatan ekonomi.

Sementara itu,  Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarives RI), Luhut BInsar Panjaitan mengatakan, pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasi (STC-2023) menjadi panggung bagi Papua untuk menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan dalam membangun daerah melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, swasta, dan masyarakat.

“Tiga fokus utama kegiatan ini adalah ekspor perikanan, investasi, dan pengembangan potensi daerah lainnya,’’ kata Luhut sesaat sebelum melaunching STC-2023 di Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Ia menambahkan bahwa STC-2023 menjadi rangkaian Sail di Indonesia yang ke-13. sebagai warga Tanah Papua patut berbangga bahwa setelah penyelenggaraan Sail Raja Ampat pada 2014 dan PON XX pada 2021 lalu, tanah Papua sekali lagi berkesempatan untuk menampilkan keelokan dan kekayaannya  pada event ini.

Sail Teluk Cendrawasih (STC) 2023 merupakan salah satu event  yang masuk Kalender Pariwisata Nasional guna mengenalkan potensi bahari dan maritim  di Papua sebagai beranda  Indonesia di kawasan Pasific.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut