get app
inews
Aa Read Next : Kader PSI Daftar Bakal Cawabup di Partai Gerindra, Sinyal Teruskan Koalisi Indonesia Maju di Pilkada

Alasan KNPI se-Papua Deklarasi Dukungan Terhadap Paulus Waterpauw Maju Cawapres

Selasa, 07 Februari 2023 | 02:02 WIB
header img
Ketua KNPI se-Papua deklarasi dukung Paulus Waterpauw sebagai Cawapres pada Pemilu 2024 mendatang. Foto : iNewsJayapura.id/Adrian Kairupan.

MANOKWARI, iNewsJayapura.id  - Dari Ufuk Timur Tanah Papua dukungan publik untuk Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw dapat ikut serta berpartisipasi pada pemilu 2024 mulai disuarakan.

Itu disuarakan oleh enam Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) se - tanah Papua dalam Rumah Biru untuk mendukung dan mendorong sosok birokrasi mantan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP ini dapat dilirik lapisan masyarakat se-nusantara dan negara sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia di ajang perhelatan Pemilu serentak Presiden dan Wakil Presiden pada 2024 mendatang.

Seruan dukungan itu dilantangkan dari Kota Injil Manokwari, Provinsi Papua Barat, pada senin (6/2/2023) di salah satu hotel di Manokwari  dalam sesi jumpa pers.

Keenam Ketua yang hadir antara lain, Ketua Harian KNPI Papua Karel Suebu, Ketua DPD KNPI Papua Barat Sammy DJ Saiba, Ketua DPD KNPI Papua Tengah Jandry Salakory, Ketua DPD KNPI Papua Selatan Jemi Liunsanda, Perwakilan Ketua DPD Papua Pegunungan, dan Ketua DPD KNPI Papua Barat Jois Kambu.

Terkandung dalam Forum Komunikasi Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi se - Tanah Papua, dinyatakan tegas, bahwa momentum deklarasi dukungan yang telah dilakukan dan sebagai Pemuda Indonesia sebagai kader bangsa tentunya harus bertekad untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan.

Dan wawasan kebangsaan dan kemanusiaan serta sikap kenegarawanan, yang menjunjung tinggi nilai -nilai demokrasi, cita - cita keadilan dan kerakyatan untuk mewujudkan suatu Masyarakat bangsa yang mandiri, cerdas, dan maju.

"Kami menilai sosok seorang Paulus Waterpauw adalah sosok yang luar biasa, dan dalam karirnya sangat begitu menginspirasi anak - anak Papua. Beliau dalam kesehariannya dinilai sebagai sosok pionir bagi anak - anak Papua,’’ ucap Sammy Dj Saba selaku Ketua KNPI Papua Barat.

‘’Sosok PW juga dinilai sebagai cerminan bagi generasi papua hari ini yang hebat. Jikalau saat lalu ada Yusuf kKlla yang boleh mewakili wilayah Indonesia bagian timur, maka kali ini juga kami ingin negara untuk melirik sosok Paulus Waterpauw dan memberikan ruang politik yang baik,’’ sambungnya.

Ia mengatakan,  sebagai perwakilan dari tanah Papua yang adalah kulit hitam dan rambut keriting mempunyai hak yang sama untuk menduduki jabatan sebagai Wapres RI.

Sisi lainnya, kata Saiba, sebagai simbol kekuatan besar wujud pemerataan persatuan indonesia terjadi dari ufuk timur tanah papua. Sehingga pihaknua menyatakan sikap penub mendorong anak - anak asli, putra - putri papua bisa masuk dan dilirik untuk menjadi Wapres RI.

Ketua Harian KNPI Papua,Karel Suebu juga menegaskan bahwa lahirnya deklarasi ini tidak dipengaruhi oleh siapapun melainkan dilahirkan dari konsep para pemikir - pemikir dalam satu kesatuan rumah biru KNPI.

Hal itu disuarakan, karena melihat sosok Paulus Waterpauw yang kini sebagai Pj. Gubernur Papua Barat adalah negarawan sejati.

"Mewakili jajaran pengurus DPD KNPI Papua, kami menyampaikan bahwa sosok Paulus Waterpauw adalah negarawan sejati. Dia tidak pernah membangkang terhadap negara atau dari perintah negara kepadanya selama masa karirnya,’’ jelasnya.

Senada keduanya, Ketua DPD KNPI Papua Tengah, Jandry Salakory dan Ketua DPD KNPI Papua Selatan Jemi Liunsanda menyampaikan kepiawaian sosok Paulus Waterpauw telah mumpuni.

Keenam ketua KNPI tersebut meyakini, seperti ungkapan dari sosok Surya Paloh, yang adalah Ketua Umum Partai NasDem dalam kutipannya " Saya Bermimpi suatu kelak, ada seorang yang berambut keriting dan berkulit hitan akan memimpin Bangsa Indonesia ".

‘’Demikian dalam perhelatan politik di tahun 2024, para pemuda meyakini bahwa sosok Paulus Waterpauw sudah sangat siap dan bisa untuk disandingkan sebagai pasangan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI dan mendapatkan dukungan lapisan masyarakat,’’ ujarnya

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut