get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Puncak Jaring Aspirasi Para Tokoh Jelang Pleno

Pemkab Puncak Fokus Persiapan Pemilu 2024

Sabtu, 11 Februari 2023 | 21:13 WIB
header img
Suasana pelaksanaan Musrembang tingkat distrik di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa.

PUNCAK, iNewsJayapura.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak pada tahun 2024 akan fokus pada persiapan Pemilu.

Hal tersebut berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dari tingkat Kampung hingga Distrik, yang telah dilaksanakan pekan kemarin.

Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Puncak, Melianus Hagabal,  banyak aspirasi yang masuk untuk pembangunan di Kabupaten Puncak pada tahun 2024 mendatang.

Namun, yang mesti diingat oleh masyarakat Kabupaten Puncak bahwa 2024 adalah tahun politik, ada pemilihan Legislatif, pemilihan Presiden dan kepala daerah (pilkada), sehingga Pemerintah akan lebih fokus pada persiapan Pemilu.

Demikian hal tersebut disampaikan olehnya, usai membuka kegiatan Musrembang Tingkat Distrik di Aula Bappeda Kabupaten Puncak,Jumat,10 Februari.

‘’Sementara kegiatan fisik pasti kurang, hanya kegiatan jangka pendek yang bisa dikerjakan cepat,tapi yang jangka panjang kemungkinan tidak bisa, karena 2024 tahun politik,’’ kata Melianus saat ditemui di Ilaga, Kabupaten Puncak, Sabtu (11/2/2023).

Dia berharap, Musrembang mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Kabupaten Puncak, terlebih dengan potensi dan sumber pembangunan di kabupaten tersebut.

‘’Usulan dari masyarakat melalui Musrembang, kita input dan kelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah  (SIPD), sehingga tidak bisa lagi di ubah karena sudah usul, maka sistem kunci, semua berbasis online,’’ jelasnya.

Sementara, pada 2023 ini, kegiatan fisik akan sesuai dengan visi dan misi kepala daerah, lantaran  tahun ini adalah tahun kelima kepemimpinan bupati dan wakil, sehingga akan ada kegiatan fisik yang harus diselesaikan.

Diketahui, Musrembang Distrik adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat distrik, untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangungan di wilayah distrik yang didasarkan pada masukan dari kampung untuk tahun 2024 melalui forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan,kepala kampung, tokoh agama, adat, perempuan, pemuda menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun anggaran 2024.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut