get app
inews
Aa Read Next : Lantamal X Jayapura Bersihkan Puing Jembatan Kampung Enggros, Akibat Gempa

Kodim 1701 Dirikan Dapur Umum, 1000 Makanan Tiap Hari Disiapkan Buat Warga Terdampak Gempa

Senin, 13 Februari 2023 | 20:14 WIB
header img
Anggota Kodim 1701/Jayapura lagi sibuk bungkus 1000 makanan buat para pengungsi Gempa Jayapura setiap hari. Foto : Natalia Yoku/iNewsJayapura.id

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Dalam rangkaian  pelayanan kemanusian pasca gempa magnitido 5.4 Kamis lalu, Kodim 1701/Jayapura dan Pemerintah Kota Jayapura bersama-sama  lakukan penanganan situsi Tanggap Darurat bencana  yg ditetapkan 21 hari, dalam hal ini dipersiapkan 1000 Makanan siap santap setiap hari.

PJ Walikota Frans Pekey memberikan apresiasi luar biasa kepada Kodim 1701/Jayapura yang dengan sigap telah membuka dapur umum bagi warga yang terdampak gempa, saat berkunjung di dapur umum Kodim, Senin (13/2/23).

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kodim 1701 Jayapura yang telah dengan sigap membuka dapur umum, semoga kerja kemanusiaan yang dilakukan oleh pak Dandim dan keluarga besar kodim, akan memberikan manfaat terutama untuk memenuhi layanan makanan dan minum bagi warga yang terdampak Gempa,” ujarnya.

Dalam rangka kerjasama juga Pemerintah Kota akan mendukung bahan mentah yang dapat diolah di dapur-dapur umum, yang nantinya dapat dibagikan kepada warga khusunya warga yang ada di Distrik Jayapura Utara dan dekat mako kodim.

Sementara itu Dandim 1701 Letkol Inf Richard Arnold Y Sangari, mengatakan didirikannya dapur ini merupakan kewajiban untuk cepat tanggap seiring dengan perintah tanggap darurat dari penjabat Walikota Jayapura.

“Kita melihat banyak sekali yang terdampak, Kodim langsung mengambil inisiatif untuk membangun  dapur umum  berdasarkan data dari Babinsa dan Danramil, dan hal krusial yang perlu kita siapkan yakni makanan bagi warga yang setiap hari kita siapkan,” Ucapnya.

Kami telah berkoordinasi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih, dan memerintahkan kepada kami  untuk selalu membantu Penjabat Walikota sebagai Dansatgas tanggap darurat.

Awalnya 3 dapur umum yang disiapkan Kodim  namun 2 saja sudah dapat memenuhi kebutuhan warga mulai dari Jayapura Utara hingga yang berdekatan dengan Wilayah Jayapura Selatan.

Kodim 1701/Jayapura  menyiapkan sebanyak 1000 makanan setiap hari, pagi hingga malam, juga peralatan mandi dan kebutuhan anak-anak seperti pampers, susu dan layanan kesehatan.

“Saya juga berterimakasih kepada Penjabat Walikota yang telah datang dan melihat secara langsung dapur umum yang didirikan oleh Kodim 1701 dan berharap seluruh warga agar selalu waspada dan berdoa,  situasi ini akan berangsur membaik sehingga warga dapat beraktifitas kembali secara normal tanpa merasakan ketakutan lagi,” tambahnya.

 

Editor : Herawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut