get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Penyambutan Kapolda Papua Baru, Tanda Harmoni dan Dukungan dari Jajaran Polda Papua

Kapolda Papua Ingatkan Jajarannya untuk Memperbaiki Citra Polri

Kamis, 18 Mei 2023 | 21:18 WIB
header img
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri membuka Rakernis Bid Propam Polda Papua di Beach D Santee Jayapura. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.idKapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengingatkan kepada naggotanya agar terus memperbaiki citra Polri.

"Saya menekankan kepada oknum-oknum anggota Kepolisian yang terlibat narkoba ataupun terjerat pidana lainnya, jangan hanya karena satu atau dua oknum yang melakukan pelanggaran, 100 anggota yang bersusah payah terus membangun kepercayaan publik malah hilang, ibarat hanya gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga. Hal ini yang harus diperbaiki demi memperbaiki citra Polri,’’ kata Kapolda di Jayapura, Kamis (18/5/2023).

Dia pun menjelaskan bahwa pemilu serentak tahun 2024 sudah mulai dan beberapa tahapan seperti pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik serta penetapan jumlah kursi dan daerah pemilihan telah selesai dilaksanakan namun terdapat beberapa permasalahan meski sampai saat ini masih dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Dalam menyikapi hal tersebut, Kepolisian khususnya Polda Papua akan terus mengantisipasi dan memantau situasi yang berkembang sehingga tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan bersama,’’ kata Kapolda.

Kapolda mengaku bangga karena sejak menjabat, tindakan penyelesaian perkara dari anggota Polda Papua sangat banyak terselesaikan meskipun itu secara bertahap.

Sementara itu, sesaat sebelum membuka rapat kerja teknis Bid Propam Polda Papua di Beach Club D'Santee Holtekamp, Kota Jayapura pada Rabu (17/5/2023), Kapolda menyampaikan, tugas Propam secara umum adalah membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggung jawaban profesi dan pengamanan internal termaksud penegakan disiplin dan ketertiban dilingkungan Polri serta pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota / PNS Polri.

Dia pun mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat berbasis Bid Propam telah melakukan terobosan berupa inovasi yaitu aplikasi propam presisi. Kapolda berharap propam selalu melakukan inovasi demi mewujudkan Polri yang semakain dicintai masyarakat.

Turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Papua Jamaludin Lado Rua, para PJU Polda Papua, para Wakapolres/ta, para Kabag SDM Jajaran Polda Papua, para Kasubbag Renmin Polda Papua dan para Kasie Propam Polres/ta Jajaran Polda Papua.

Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol. Gustav R. Urbinas selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa dalam Rakernis ini mengusung tema "Propam Polri Siap Mengawal Tahapan Pemilu Tahun 2024 serta Mengamankan Agenda Nasional dan Internasional Tahun 2023 dalam rangka Mendukung Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan".

"Rakernis untuk memberikan bekal pengetahuan dan kompetensi kepada seluruh anggota Polri baik di Bid Propam Polda Papua maupun Sie Propam Jajaran sehingga dapat mewujudkan kesamaan persepsi dalam menjalankan tupoksi menegakkan disiplin dan penegakan hukum internal dilingkungan Polda Papua dan Polres/ta jajaran serta siap dalam mengawal dan mensukseskan agenda pemilu 2024,"ucapnya.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut