get app
inews
Aa Read Next : Polres Jayapura Berhasil Ringkus Pelaku Curas dan Barang Bukti Diamankan

Usai Solat Id 1444 H, 1000 Umat Muslim Dan Non Muslim Terima Daging Kurban

Kamis, 29 Juni 2023 | 12:47 WIB
header img
Pembagian daging kurban bagi umat muslim dan non muslim di masjid Al-Aqsha Sentani. Foto: Cornelia Mudumi

SENTANI, iNewsJayapura.co - Umat muslim Kabupaten Jayapura melaksanakan Salat Idul Adha 1444 hijriah, dan 1.000 kartu keluarga umat muslim dan non muslim terima daging kurban di Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Rabu (29/6/2023).

Pelaksanaan Salat Idul Adha yang dihadiri kurang lebih 3.000 orang yang dilaksanakan pada pukul 07.00 WIT pagi dengan khatib Ustad Huda Lukoni dan Ustad Dedy Herpati.


Jemaah Masjid Al-Aqsha Sentani saat melaksanakan salat idul adha 1444 H. Foto: Cornelia Mudumi

Dari pantauan wartawan iNewsJayapura.id di lapangan, jemaah mulai mendatangi lokasi Masjid Al Aqsha Sentani sejak pukul 06.00 WIT. Sementara sejumlah personel kepolisian, pemuda Maluku Satu Rasa tampak turun mengatur lalulintas dan memberikan kenyamanan bagi para jemaah.

Khatib Ustad Huda Lukoni menyampaikan terima kasih kepada semua masyarakat yang mendukung pelaksanaan Salat Idul Adha dan ibadah penyembelian hewan kurban.

 “Selaku orang muslim kita berharap Allah memberikan hikmah atas dilaksanakan Salat Idul Adha dan penyembelian hewan kurban. Kita selaku hamba Allah harus ikut peduli dengan apa yang suadara kita rasakan, mungkin ada yang mau makan cari daging susah, dengan membagi daging kepada mereka, bisa membahagiakan mereka,”kata Ustad Huda Lukoni.

Ia berharap ibadah yang dilaksanakan ini mendapatkan ridho dari Tuhan sehingga totalitas sebagai manusia terpenuhi di hari ini. Tentunya kualitas dari seorang hamba merupakan aplikasi dari rukun-rukun umat islam yang selama ini sudah berjalan. “Saudara-saudara kita hari juga ada yang diberikan rejeki dan ditakdirkan hari ini juga berada di Mekah untuk berhaji yang juga rangkaian dari Idhul Adha,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Nurdin Syanmas menyampaikan untuk hewan kurban di Masjid Agung Al Aqsha Sentani tahun ini sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

“Kalau dilihat dari segi kualitas sapi sama dengan tahun lalu meskipun lebih banyak jumlah sapinya dibandingkan tahun ini,”katanya.

Lebih lanjut Nurdin menjelaskan, daging kurban ini nantinya dibagikan kepada 1000 masyarakat yang ada dilingkungan Masjid Agung Al Aqsha Sentani dan juga umat kristiani. “Kita harapkan ini dapat membantu kebutuhan masyarakat akan kebutuhan daging hewan melalui Idhul Adha tahun ini,”ungkapnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut