get app
inews
Aa Read Next : OJK Papua : Industri Jasa Keuangan Tumbuh Positif Triwulan Pertama 2024

OJK Papua Tingkatkan Literasi Keuangan Di Ujung Timur Indonesia Dengan Menerapkan MOOC

Jum'at, 14 Juli 2023 | 20:22 WIB
header img
Foto bersama usai edukasi keuangan di Universitas Musamus Merauke. Foto: Istimewa

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua  dan Papua Barat bersama Bursa Efek Indonesia dan Bank Papua menggelar kegiatan edukasi keuangan kepada mahasiswa di Universitas Musamus Merauke (Unmus), Kabupaten Merauke.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala OJK Provinsi Papua dan Papua Barat Muhammad Ikhsan Hutahaean bersama Wakil Rektor Unmus, Maria Veronica Irene Herdjiono, Dekan Fakultas Ekonomi Unmus, Okto Irianto para dosen serta mahasiswa Unmus dari berbagai fakultas.

“Mahasiswa memiliki peran yang besar dalam meningkatkan inklusi keuangan dan memberikan pengaruh pada pembangunan bangsa ini ke depannya. Oleh karena itu, kita perlu membekali para Gen Z dengan essential life skill berupa pemahaman terhadap produk maupun layanan jasa keuangan untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari” ungkap Ikhsan pada sambutannya.


Mahasiswa di Universitas Musamus Merauke (Unmus), Kabupaten Merauke. Foto: Istimewa

OJK telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di seluruh penjuru Indonesia, salah satunya dengan menerapkan Massive Open Online Course (MOOC) melalui penyediaan Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan.

Pengembangan LMS tersebut bertujuan untuk memudahkan kegiatan belajar dan pelatihan materi literasi keuangan, memperluas akses peserta terhadap sarana dan prasarana edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan, mempercepat proses pembelajaran terkait materi literasi keuangan serta memetakan tingkat pemahaman materi terkait literasi keuangan.

Masyarakat secara langsung dapat menambah pengetahuan terkait literasi keuangan melalui platform pembelajaran mandiri LMS Edukasi Keuangan OJK dengan mengakses situs website lmsku.ojk.go.id.

Kegiatan edukasi keuangan saat ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di Kabupaten Merauke sejak terbentuknya Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan. Sebagai informasi kinerja perbankan di Provinsi Papua Selatan menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik tercermin dari total aset perbankan posisi Mei 2023 sebesar Rp11,5 triliun atau tumbuh sebesar 7,26 persen yoy.

Total kredit yang diberikan tercatat sebesar Rp4,75 triliun tumbuh 11,67 persen yoy sedangkan dana pihak ketiga tercatat sebesar Rp6,05 triliun atau tumbuh sebesar 0,83 persen yoy. Kondisi tersebut mencerminkan perekonomian di provinsi DOB mulai menggeliat.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini meliputi peningkatan pemahaman mengenai produk dan layanan jasa perbankan serta produk investasi di pasar modal.

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut