get app
inews
Aa Read Next : Silfanus Ndiken Cabor Atletik Sumbang Medali Perak bagi Kontingen Papua Selatan

Penantian Selama 19 tahun, Akhirnya Pesawat Jenis ATR Landing Perdana di Bandara Mappi

Selasa, 05 September 2023 | 13:26 WIB
header img
Pesawat jenis ATR milik Meskapi Trigana Air Service saat mendarat dilandasan pacu bandara Kepi Distrik Oba,'a. Foto: M. Syahrir Muslimin.

Dikatakan Pj Gubernur dengan hadirnya pesawat jenis ATR ini diharapkan dapat melayani lebih banyak masyarakat dengan rute penerbangan Merauke - Kepi dengan frekuensi tiga kali dalam seminggu.

"Selama ini kita kalau mengirim barang dalam jumlah yang besar, itu harus kita carter. Tapi dengan hadirnya pesawat ATR ini cukup dengan cargo saja. Ada juga free bagasi 10 Kg dari meskapai. Dan juga penumpangnya bisa dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Sehingga kita harapkan pertumbuhan dan perkembangan daerah ini semakin lebih cepat. Atasnama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Selatan kami mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Mappi,"ungkapnya.

Menurut Pj Gubernur dengan adanya landasan pacu yang kurang lebih sepanjang 1.400 meter dan ada juga apron dan terminal yang baru bisa bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan didaerah ini. Terimakasih juga kepada pihak meskapai Trigana Air yang sudah melakukan kerjasama dengan Pemda Mappi. Kita bersama -sama membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraan melalui pertumbuhan ekonomi dengan baik.

Ia menuturkan dari pentauan yang dilakukan pihaknya di kawasan bandara dan terminal bahwa secara fisik pembangunan terminal tinggal tahapan finishing saja.

"Kami dari pemerintah Provinsi Papua Selatan juga ikut mengambil bagian untuk melengkapai bagian - bagian yang masih kurang. Dan tadi saya sudah berbicara dengan bapak Pj Bupati  mungkin kita memanggil bapak Presiden untuk meresmikan secara langsung bandara Kepi. Sementara Terkait dengan tiket nanti akan disubsidi oleh pemerintah tetapi kita diskusi dulu antara Pemprov dan Pemkab Mappi. Karena ini masyarakat kita nanti kita akan cari pola untuk sharing anggaran. Tetapi masyarakat bisa akses Kepi - Merauke dengan harga kurang lebih Rp. 1.200.000 - 1.300.000,"ungkapnya.

Sementara itu Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar menyampaikan terimkasih atas kesediaan waktu dari bapak Pj Gubernur untuk hadir mengikuti test landing dan take off meskapai Trigana Air jenis ATR di Bandara Kepi Kabupaten Mappi.

"Kami berharap untuk pengembangan kedepannya tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten Mappi. Tetapi ada juga dukungan dari Provinsi Papua Selatan untuk pengembangan bandara yang juga menjadi ikon bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Mappi,"ucapnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut