get app
inews
Aa Read Next : Ketua TP PKK Provinsi Papua, Beri Imunisasi Polio serta Bantuan PHBS di Posyandu Tapandura

Stefanie Gomar ajak Anak PAUD Belajar Menanam Sayuran Hidroponik

Jum'at, 08 September 2023 | 08:01 WIB
header img
Bunda PAUD Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar saat mengajak anak PAUD Menanam Sayuran Hidroponik. Foto: M. Syahrir Muslimin

MAPPI, iNewsJayapura.id - Ratusan anak - anak PAUD di Kepi Kabupaten Mappi Papua Selatan mengikuti kegiatan menanam sayuran hidroponik. Kegiatan yang dipelopori oleh Bunda PAUD Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar diikuti oleh ratusan anak PAUD yang berasal dari tujuh PAUD yang ada di Kepi, Kamis (07/09/2023).

Ny. Stefanie Gomar mengungkapkan bahwa kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan cara menanam sayur hidroponik kepada anak sejak usia dini, pentingnya sayuran bagi tubuh manusia. Selain itu juga dilaksanakan sosialisasi dalam rangkamengedukasi manfaat gizi dari mengkonsumsi sayuran.

"Kegiatan kami hari ini khususnya dari pokja bunda PAUD yaitu memperkenalkan bagaimana cara menanam sayuran hidroponik dan manfaat serta kandungan gizi dalam mengkonsumsi sayuran,"ucapnya

Stefanie Gomar menuturkan, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan juga sosialisasi  transisi PAUD ke SD yang menyenangkan untuk guru dan orang tua siswa jenjang PAUD dan Siswa SD kelas satu.

Stefanie Gomar menerangkan, perlunya sosialisasi sejak dini bagi orang tua anak -anak PAUD tentang proses transisi ketika mereka akan memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD). Selain itu juga ada kegiatan pengukuran Pita Lila untuk menscreening  anak -anak yang hadir saat ini. Apakah ada yang mengalami indikasi kekurangan gizi atau sudah mengacu pada gizi buruk.

Selanjutnya anak -anak juga diajarkan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Bagaimana mereka harus mencuci tangan selepas bermain dan sebelum makan dan juga diajarkan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Stefanie Gomar menambahkan, pihaknya juga melakukan sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi penerapan kurikukum merdeka belajar yang diusung oleh Kementerian Pendidikan terkhusus merdeka bermain dan belajar bagi anak-anak PAUD. Metode belajar itu sebenarnya tidak hanya didalam ruangan saja, tetapi anak -anak bisa belajar sambil bermain yang dilaksanakan diluar ruangan.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Mappi, Wilhelmus Anton Djula mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Bunda PAUD Kabupaten Mappi dengan memperkenalkan media tanaman sayuran hidroponik serta manfaat mengkonsumsi sayuran bagi anak -anak sejak usia dini.

"Kegiatan ini sangat baik dimana dari usia dini anak -anak diperkenalkan dan diajarkan cara menanam sayuran yang tentunya kita tahu bersama manfaat dari mengkonsumsi sayuran bagi kesehatan, terima kasih banyak kepada bunda PAUD yang juga selaku ketua TP-PKK yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,"ungkapnya.

Ia mengatakan Dinas Pertanian selalu siap mensuport apapun kegiatan yang terkait dengan pengembangan pertanian di Kabupaten Mappi tidak hanya kepada PAUD tetapi kepada siapa saja baik steakholder kelompok masyarakat  Dinas Pertanian selalu siap membantu.

Sementara itu salah seorang perwakilan orang tua dari anak PAUD, Herlina M. Kamakaimu mengucapkan terima kasih kepada bunda PAUD kabupaten Mappi yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

"Kami orang tua bangga ketika anak-anak diajak ikut kegiatan seperti ini. Selain mereka bisa belajar,berkumpul dengan teman -teman, mereka juga bisa tahu manfaat kalau makan sayur. Terima kasih ibu Pj. Bupati selaku bunda PAUD yang sudah melaksanakan kegiatan ini,"tutupnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut