get app
inews
Aa Read Next : 5 Pelajar SMP Kasih Bangsa Ikuti Kompetisi Karya Ilmiah Wice di Malaysia

Ketua TP PKK Provinsi Papua, Beri Imunisasi Polio serta Bantuan PHBS di Posyandu Tapandura

Sabtu, 07 September 2024 | 18:54 WIB
header img
Ketua TP PKK Provinsi Papua, Ny. Kerdina Ramses Limbong bersama Pj Bupati Kepulauan Yapen, Suzana D. Wanggai. (Foto : Andrew Woria)

KEPULAUAN YAPEN, iNewsJayapura.id - Ketua TP PKK Provinsi Papua, Ny. Kerdina Ramses Limbong melakukan kunjungan kerja di Posyandu Tapandura, Kampung Banawa, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Sabtu (07/09/2024).

Dikunjungan tersebut, Ny. Kerdina Ramses Limbong juga memberi imunisasi Polio kepada bayi dan Balita, serta bantuan PHBS dan Bantuan Pangan kepada Kader Posyandu. Dalam laporan singkat penanggulangan stunting di Kabupaten Kepulauan Yapen, hingga Agustus 2024 Dinas Kesehatan terus memberikan makan tambahan bagi ibu hamil dan bayi balita. Dari data yang dihimpun untuk wilayah Warari terdapat 31 anak mengalami sunting, kurang gizi 5 anak, dan gizi buruk 2 anak. Untuk Kelurahan Serui Kota, 25 anak mengalami stunting, kurang gizi 72 anak, sementara 3 orang anak mengalami gizi buruk. Untuk Distrik Kepulauan Ambai, ditemukan 74 anak mengalami stunting, 10 anak kurang gizi dan 4 orang anak gizi buruk. Sementara untuk anak bayi yang dilakukan penimbangan pada periode Agustus sebayak 6.236 orang anak, atau sekitar 64% dengan total 564 orang anak mengalami stunting dan 555 orang mengalami wasting.

Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Suzana D. Wanggai mengatakan bahwa patut disyukuri kepada Tuhan sehingga semuanya boleh berkumpul dihari ini, dimana Pemerintah Daerah dan masyarakat menyampaikan selamat datang kepada Ketua TP PKK Provinsi Papua dan rombongan yang bisa hadir disini.

Ketua TP PKK Provinsi Papua, Ny. Kerdina Ramses Limbong mengatakan bahwa pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah satu gerakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari unit terkecil.

Tugas TP PKK adalah sebagai mitra kerja pemerintah adalah untuk pendataan potensi keluarga dan masyarakat, menggerakkan peran masyarakat dalam 10 program PKK.  Dalam rangka intervensi stunting dan polio, TP PKK Provinsi Papua melaksanakan kunjungan kerja di kabupaten kepulauan Yapen. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana intervensi yang telah dilakukan untuk penanggulangan stunting, polio, serta keberhasilan yang dicapai.

“Intervensi ini tak hanya dilaksanakan oleh parah kader TP PKK maupun Posyandu saja tapi juga oleh pemerintah baik di tingkat pusat sampai ke kampung maupun stakeholder di berbagai tingkatkan,” ujarnya.

TP PKK juga Berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa secara khusus di Papua. Kegiatan ini bertujuan juga untuk mengevaluasi kegiatan, juga memberikan paket bantuan kepada anak stunting dan kader posyandu.

Ny. Kerdina Ramses Limbong juga berharap semuanya betul betul dapat melaporkan kegiatan dan program yang telah dilaksanakan oleh TP PKK kabupaten dan Kota.

“Terima kasih kepada para kader baik PKK maupun posyandu yang terus menggerakkan program PKK, menuju generasi emas di tahun 2045 khususnya generasi emas di tanah Papua.  Kepada OPD di pemerintah Daerah kabupaten kepulauan Yapen diminta agar terus bekerja sama yang baik sehingga kegiatan PKK maupun posyandu dapat bekerja dengan baik dan lancar,” tutup Kerdina Ramses.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut