get app
inews
Aa Read Next : Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Tingkat Provinsi Papua Pegunungan Diskors

Sejumlah Tokoh di Papua Ajak Masyarakat Dukung Program Kerja Pj Gubernur

Sabtu, 23 September 2023 | 20:21 WIB
header img
Max Abner Ohee, Khundrath Tukayo (tengah), Pdt. Hosea Taudufu (ujung kanan). Foto : Darul Muttaqin.

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Sejumlah tokoh di Papua mengajak masyarakat untuk mendukung program kerja Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

Salahsatu tokoh Papua yang juga Ketua Barisan Merah Putih RI Provinsi Papua, Max Abner Ohee bahkan meminta kepada masyarakat agar mendukung Pj Gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk mendukung semua kebijakan pemerintah pusat dalam rangka pembangunan provinsi Papua lebih cepat," ujar Max di Jayapura.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk meninggalkan pikiran negatif terkait informasi yang diragukan kebenarannya dari kelompok yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengacaukan Papua.

"Mari kita bersatu mendukung semua program pembangunan menuju Papua maju, damai dan sejahtera demi kebaikan bersama," ucapnya.

Tokoh lainnya Khundrath Tukayo menyampaikan bahwa dirinya memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua.

Menurutnya, Ridwan Rumasukun merupakan sosok pejabat publik yang bertanggung jawab dan memiliki kinerja terbaik dalam memimpin suatu daerah.

"Beliau sudah mengabdikan diri sampai ke Papua Pegunungan, didukung dengan karakter yang mampu membaca situasi orang Papua," kata Tukayo.

Meski bukan orang asli Papua dan sempat terjadi polemik menjelang pelantikan Pj Gubernur, Tukayo menilai bahwa Ridwan Rumasukun bekerja secara jujur di atas tanah Papua.

Tukayo mengatakan, yang dilakukan oleh pemerintah pusat dengan mengangkat Pj Gubernur Papua bukan orang asli Papua adalah hal yang benar lantaran sesuai aturan kepegawaian.

"Aturan kepegawaian menyatakan bahwa penjabat Gubernur adalah hak dan kewenangan pemerintah pusat," jelasnya.

Tukayo pun meminta masyarakat mendukung Ridwan Rumasukun dalam menjalankan tugasnya di pemerintahan.

Dia juga mengingatkan bahwa sampai saat ini Majelis Rakyat Papua atau MRP belum terbentuk, sehingga pengusulan Pj Gubernur saat itu melalui DPR Papua.

"DPR hanya mengusulkan, kewenangan siapa yang dipilih untuk menjadi Pj Gubernur oleh pemerintah pusat," kata Tukayo yang juga Ketua Pemuda Adat Tabi, Sabtu (23/9/2023).

Di tempat terpisah, salahsatu tokoh agama di Papua, Pendeta Hosea Taudufu menyampaikan dukungannya terhadap Ridwan Rumasukun yang telah dilantik sebagai Pj Gubernur Papua oleh Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu.

"Saya sebagai pendeta menyampaikan bahwa Ridwan Rumasukun sebagai hamba Tuhan yang sudah dipilih menjadi pemimpin di daerah ini bertujuan agar semua orang di Papua bisa menikmati pembangunan untuk masa depan sebagai anak bangsa," ujar Hosea.

Dia juga menyampaikan bahwa sebagai anak bangsa untuk terus memberikan dukungan kepada pemerintah sebagai wakil Allah.

Tak lupa Hosea berpesan agar masyarakat di Papua juga mendukung tugas-tugas yang dijalankan Pj Gubernur, termasuk persiapan pelaksanaan pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

"Dalam kehidupan kerohanian dan berbangsa serta bernegara, mari kita dukung pelaksanaan Pemilu dengan penuh tanggungjawab demi pembangunan bangsa dan negara," ucapnya.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut