get app
inews
Aa Read Next : Ketum Akuatik Indonesia Pengprov Papua Selatan Resmi Membuka Gubernur CUP 1 Papua Selatan

Dukungan Dana Hibah Pemkab Boven Digoel Pada Penyelenggaraan Porprov Ke-1 Papua Selatan

Selasa, 31 Oktober 2023 | 15:34 WIB
header img
Ketua KONI Boven Digoel yang juga sebagai wakil Bupati Lexi Romel Wagiu saat di wawancarai. Foto: M. Syahrir Muslimin

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Dukungan pemerintah Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan terhadap pelaksanaan pekan olah raga provinsi (Porprov) Ke 1 Papua Selatan tahun 2023 sebesar 800 juta rupiah yang dinilai sangat kecil untuk ivent besar tingkat provinsi, Hal tersebut disampaikan Ketua KONI Boven Digoel Lexi Romel Wagiu kepada sejumlah wartawan di salah satu rumah makan di Merauke Papua Selatan, Senin (30/10/2023).

Ketua KONI Boven Digoel yang juga sebagai wakil Bupati Lexi Romel Wagiu mengungkapkan, Pemerintah daerah Kabupaten Boven Digoel mengalokasikan anggaran untuk Porprov sejumlah 800 juta rupiah.

"Kami KONI Boven Digoel mengajukan anggaran sebesar Rp4,5 miliar untuk mengikuti Porprov. Anggaran tersebut dengan perhitungan untuk transportasi,  konsumsi, akomodasi/penginapan, termasuk bonus bagi para atlit yang memperoleh medali nantinya,"ujarnya.

"Jujur saja, dana yang dipersiapkan Pemkab Boven dari APBD perubahan untuk Porprov itu hanya 800 juta rupiah. Saat ini berkembang infomasi kalau dana untuk porprov itu 1,5 miliar. Kalau 1,5 miliar rupiah itu termasuk kegiatan bupati cup sebesar 700 juta rupiah dengan pendanaan yang berbeda. Bupati cup dari APBD induk, sementara porprov baru disetujui di APBD perubahan pada pertengahan bulan oktober kemarin,”pungkasnya.

Lexi mengakui jika pemerintah daerah Kabupaten Boven Digoel kurang mengakomodir pembiayaan di bidang olahraga. Padahal menurut dia, olahraga merupakan salah satu bidang pembangunan yang mengangkat harkat dan martabatnya masyarakat di suatu daerah.

“Saya harus terbuka sekalipun saya bagian dari pemerintahan. Porprov itu bagian dari olahraga nasional yang diselenggarakan di setiap provinsi, itu seluruh Indonesia berlaku sama. Apalagi kita provinsi baru yang baru pertama kali melaksanakan porprov, empat kabupaten ini harus ikut,”pungkasnya

“Kita harus eksis, dalam arti bahwa kita peduli dengan olahraga. Karena olahraga itu pemersatu, baik dari tingkat terkecil yakni kampung, distrik, kabupaten hingga provinsi. Olahraga jalan berarti daerah itu sangat nyaman. Ekonomi pun berjalan kalau olahraga di daerah berjalan baik. Sehingga harapan saya para pemimpin di daerah bisa lebih responsif di bidang olahraga,”tutupnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut