get app
inews
Aa Read Next : Kader PSI Daftar Bakal Cawabup di Partai Gerindra, Sinyal Teruskan Koalisi Indonesia Maju di Pilkada

Bea Cukai Manokwari Komitmen Perkuat Sinergi Awasi Kegiatan Ekspor Hasil Laut Papua Barat

Sabtu, 16 Desember 2023 | 13:06 WIB
header img
Foto bersama Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Manokwari, Didit Prayudi Sidharta (Kiri) dan Adrian Kairupan wartawan iNewsJayapura.id (Kanan). Foto: Adrian Kairupan

MANOKWARI, iNewsJayapur.a.id - Bea Cukai melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan ekspor hasil laut yang dilakukan di Wilayah Papua Barat. Demikian hal tersebut, sebagai upaya memperkuat sinergi pengawasan laut, dalam menanggulangi dan menjaga wilayah perairan Papua Barat dan sekitarnya dari pelanggaran kegiatan ilegal.

Terkait akan luasnya daerah pengawasan laut, Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Manokwari, Didit Prayudi Sidharta, kepada iNews, diruang kerjanya, Kamis (14/12) menuturkan, bahwa pengawasan laut harus dilaksanakan bersama oleh setiap instansi terkait agar semakin optimal.

Terkait itu, dirinya mengapresiasi hasil pertemuan Audens bersama Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, yang langsung direspon baik, pada senin (11/12), kemarin.

"Jadi dari audens yang kita telah lakukan, pertama, memang adalah silaturahmi. Karena bagaimana pun juga kita harus berkoordinasi dan bersinergi antar instansi terutama kita dengan Pihak TNI, dalam hal ini di wilayah Papua Barat. Karena kita membawahi 4 kabupaten, yakni Manokwari, Manokwari Selatan (Mansel), Teluk Wondama, dan Pegunungan Arfak. Jadi memang dari hal - hal ini adalah daerah - daerah teritorial yang memang butuh sinergitas dengan baik terjalin,"Ujar Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Manokwari, Didit Prayudi Sidharta.

Melalui hasil audiens dalam komitmen sinergi pengawasan laut bersama yang telaj dilakukan, dan menindaklanjuti perjanjian kerja sama tentang peningkatan sinergi operasional sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi tiap-tiap instansi yang tugas dan fungsinya terkait dalam pengawasan laut, Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Manokwari, Didit Prayudi Sidharta, percaya, bahwa kedepan hasil Ekspor hasil laut Manokwari, Papua Barat, akan lebih meingkat. Tentu akan berdampak pula pada kesejahteraan para UMKM / nelayan lokal di daerah. Sehingga sudah tentu, pihaknya akan konsisten perkuat sinergi pengawasan laut di Wilayah Papua Barat, dari segala bentuk tindak tanduk kegiatan ilegal.

"Wilayah kita disini selain darat yaitu laut. Jadi kami berharap melalui sinergi ini bisa kita lakukan bersama pengamanan laut wilayah papua barat, khususnya dalam mengawasi dan menjadi prioritas kami Bea Cukai adalah antisipasi ekspor ilegal disektor perikanan laut,"Tuturnya

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut