get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Kogabwilhan III Nyatakan 7 KKB Anggota Undius Kagoya Ditembak Mati usai Menyerang Pos TNI di Sugapa

Jum'at, 26 Januari 2024 | 14:51 WIB
header img
KKB Papua menyerang Pos Aparat TNI-Polri di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Foto pasukan TNI Polri tengah bersiaga usai penyerangan KKB/Pen Kogabwilhan III

INTAN JAYA, iNewsJayapura.id - Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau yang juga dikenal sebagai KKB Papua menyerang Pos Aparat TNI-Polri di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata tersebut mengakibatkan korban jiwa dari kedua belah pihak.

Dari pihak KSTP, terdapat 7 orang yang terkena tembakan. Perkembangan terkini menunjukkan bahwa 5 orang di antaranya tewas dan 2 orang lainnya masih dirawat di markas KSTP.

Sementara itu, dari pihak TNI-Polri, terdapat 1 orang yang gugur. Korban tersebut adalah Bripda Alfandi Steve Karamoy, anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz.

“Kejadian tersebut menjadi beban berat yang harus dipikul oleh Undius Kagoya sebagai Pangkodap VIII Wilayah Intanjaya akibat Strategi yang diterapkan mengorbankan 7 anggota KSTP secara sia-sia, Dari informan dalam menyampaikan perkembangan terkini menjadi 5 orang tewas dan 2 orang terluka, saat ini dirawat di markas KSTP,” kata Kapen Kogabwilhan III Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa.

“Oni Kobogau, Yusak Sondegau, Zakius Sondegau, Melkias Matani alias Harisatu Nambagani dan Agusti, dinyatakan tewas, sementara Jaringan Belau dan Kanus Kogoya terluka dan dirawat oleh KSTP,” tambahnya.  
 
Sebelumnya Kontak tembak antara TNI-Polri dengan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) terjadi di wilayah Intan Jaya, Papua Tengah, selama beberapa hari, mulai dari 19 hingga 23 Januari 2024.

Kronologi Kontak Tembak

Kontak tembak pertama kali terjadi pada Jumat, 19 Januari 2024, di Kampung Mamba, Distrik Sugapa. KSTP menyerang Satgas Damai Cartenz yang sedang melakukan patroli. Dalam serangan tersebut, Bripda Alfandi Steve Karamoy, anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz, gugur.

Kontak tembak kedua terjadi pada Sabtu, 20 Januari 2024, di Pos Mamba. Kontak tembak ini melibatkan Satgas 330 Kostrad, Mandala IV Kopassus, Elang IV BIN, dan BAIS. Dalam kontak tembak ini, 2 orang anggota KSTP tewas dan 1 orang lainnya terluka.

Kontak tembak ketiga terjadi pada Minggu, 21 Januari 2024, di Pos BPD. Kontak tembak ini melibatkan Satgas Brimob Damai Cartenz. Dalam kontak tembak ini, 1 orang anggota KSTP tewas.

Kontak tembak keempat terjadi pada Senin, 22 Januari 2024, di sektor Tanah Putih. Kontak tembak ini melibatkan Pos Mamba Satgas 330 Kostrad dan Mandala IV Kopassus. Dalam kontak tembak ini, 2 orang anggota KSTP tewas.

Kontak tembak terakhir terjadi pada Selasa, 23 Januari 2024, di Pos Satgas 330 Kostrad dan Delta BIN. Dalam kontak tembak ini, 1 orang anggota KSTP tewas.
Keterangan dari informan di lapangan menyebutkan bahwa Undius Kagoya, salah satu pemimpin KKB Papua, memerintahkan untuk mengalihkan sasaran kepada pesawat sipil yang melakukan rute penerbangan ke Sugapa. Apabila terpaksa, KKB juga memerintahkan untuk membunuh masyarakat dan membakar honai untuk menghilangkan jejak.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut