get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, PSU Berlangsung di 3 Distrik di Papua Pegunungan

Simak! KPU Papua Pegunungan dan KPU Jayawijaya Melakukan Simulasi System One Man One Vote

Kamis, 08 Februari 2024 | 17:24 WIB
header img
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua bersama Kabupaten Jayawijaya saat melakukan simulasi terkait pemungutan dan perhitungan suara. Foto: marco Kerda

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua bersama Kabupaten Jayawijaya melakukan simulasi terkait pemungutan dan perhitungan suara di halaman Kantor LPP RRI Wamena, Kamis (08/01/2024). Simulasi ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyakat agar dapat memahami tata cara pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari mendatang.

Dalam sosialisasi tersebut diikuti oleh masyarakat, Anggota PPD, PPS dan KPPS serta dipandu langsung oleh Komisioner KPU Provinsi Papua dan Komisioner KPU Jayawijaya.

Dalam pelaksanaan simulasi itu masyarakat yang akan melakukan pencoblosan mendaftar di petugas KPPS dengan menunjukan surat undangan dan KTP kepada petugas, selanjutnya petugas KPPS akan memberikan 5 kertas suara dengan warna yang berbeda dimana Warna Abu-abu untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Merah untuk DPD RI, Merah untuk DPR RI, Biru untuk DPR Provinsi, dan Warna Hijau unutk DPRD Kabupaten.

Usai mendapatkan surat suara pemilih diarahkan ke tempat pencoblosan atau bilik suara, setelah mencoblos surat suara dimasukan di dalam kota suara berdasarkan warna yang tertera barulah mencelup tinta tanda berakhirnya pencoblosan.

Komisioner KPU Papua Pegunungan Devisi Teknis Penyelenggaraan, Melkianus Kambu menyatakan simulasi ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, PKPU Nomor 3 tentang Tahapan dan Jadwal, PKPU Nomor 25 tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis atau Keputusan KPU Nomor 66 Tentang Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut