Logo Network
Network

Jelang Pencoblosan, Kodim Puncak Jaya Bakar Batu Bersama Masyarakat

Fredy Nuboba
.
Senin, 12 Februari 2024 | 19:57 WIB
Jelang Pencoblosan, Kodim Puncak Jaya Bakar Batu Bersama Masyarakat
Suasana acara bakar batu atau barapen dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Foto : Istimewa

PUNCAK JAYA, iNewsJayapura.id - Anggota Koramil 1714-01/Mulia bersama masyarakat Kampung Trikora Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah menggelar acara bakar batu dan doa bersama masyarakat untuk mewujudkan Pemilu Damai.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Danramil 1714-01/Mulia, Letda inf Hermasyah beserta para Babinsa digelar Senin (12/2/2024).

Bakar batu merupakan tradisi makan bersama yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat pegunungan tengah Papua. Bakar batu diawali dengan ritual memasak daging seperti daging babi, ayam dan sayuran yang dipanggang diatas bara api.

Proses memasaknya dilakukan bersama oleh warga dengan maksud sebagai ungkapan syukur atas berkat yang diterima serta bermohon kepada Tuhan atas harapan dan keinginan.

Dalam acara kali ini dikhususkan untuk menciptakan kedamaian dan ketentraman menjelang Pemilu serentak yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Danramil mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mengucap syukur atas segala berkat dari Tuhan. Dia juga mengimbau agar situasi dan kondisi Kabupaten Puncak Jaya yang sudah aman untuk selalu terjaga.

"Bersama mengawal pesta demokrasi dengan penuh kasih, sehingga Pemilu nantinya berjalan aman, lancar, sukses, pembangunan dapat terus berjalan demi kemajuan Kabupaten Puncak Jaya," kata Danramil.

Dandim 1714/PJ Letkol Inf Irawan Setya Kusuma mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai upaya menciptakan kondusifitas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang sebentar lagi berlangsung.

"Dengan mengajak elemen masyarakat, harapannya sebagai obyek nantinya juga turut ambil bagian dalam mengawal dan mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi sesuai dengan motto Kabupaten Puncak Jaya "Yabu Eruwok" yang artinya membangun dengan Kasih," kata Dandim.

Sementara itu, Letius Enumbi selaku Kepala Kampung mengajak untuk bersama menjaga kedamaian dan ketentraman.

"Kita semua harus menjaga daerah ini, jangan mudah terprovokasi, Mulia adalah kota yang di berkati dan penuh kasih, pengalaman dahulu terjadi perang jangan sampai terulang kembali, kita sama - sama membangun demi kesejahteraan dan kemajuan," ucap Letius.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pasiter Kodim 1714/PJ Letda Inf Adri Fransisco, Kapolsek Mulia Kota Iptu Toto, Kepala Distrik Mulia, Tekiles Wonda, Gembala Kelinus Telenggen.

Editor : Sari
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.