get app
inews
Aa Read Next : Warga Kota Jayapura Antusias Tukarkan Uang Pecahan Kecil untuk Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Dukung Pariwisata, BI Papua Bersihkan Lokasi Air Terjun Kampung Harapan

Rabu, 13 Maret 2024 | 13:44 WIB
header img
Pegawai BI Papua melaksanakan lintas alam sekaligus membersihkan sampah sepanjang aliran sungai di kawasan Air Terjun Kampung Harapan Sentani.Foto : Dok.BI Papua

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Sejumlah pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua melakukan aksi bersih-bersih dengan memungut sampah di sepanjang aliran sungai. Aksi tersebut dilakukan saat kegiatan lintas alam di kawasan Air Terjun Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Aksi bersih-bersih ini berhasil mengumpulkan 20 kantong sampah yang selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan sampah. Sebagian besar sampah yang terkumpul berbahan dasar plastik.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturachman menyebut, pemilihan Air Terjun Kampung Harapan sebagai lokasi kegiatan lintas alam dan aksi bersih-bersih mempertimbangkan tempat tersebut merupakan salah satu objek wisata dengan hutan yang rimbun yang memiliki sumber air sangat jernih.

"Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan BI terhadap pengembangan sektor pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru Provinsi Papua," ujar Faturachman, Rabu (13/3/2024).

Dia berharap pelestarian alam, pengembangan destinasi wisata, serta menjaga kebersihan dapat disinergikan dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat pengunjung dengan menjaga perilaku tidak membuang sampah secara sembarangan.


Penyerahan PSBI kepada perwakilan Gereja Katolik St. Stefanus Martir 1 Sentani. Foto : Dok.BI Papua
 

Sebelum lintas alam dan kegiatan bersih-bersih, terlebih dahulu Bank Indonesia Papua menyapa warga di kampung tersebut melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

PSBI berupa pemberian bantuan 2 unit tenda kepada Gereja Katolik St. Stefanus Martir 1 yang berlokasi tidak jauh dari pintu masuk Air Terjun Kampung Harapan.

Bantuan tersebut untuk keperluan kelengkapan ibadah, terutama pada momen hari besar seperti Paskah dan Natal yang memerlukan kapasitas besar untuk menampung seluruh jemaat.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Faturachman kepada perwakilan pengurus gereja, Magdalena Kuruway.

“Bank Indonesia senantiasa berupaya menjalin dan mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar yang salah satunya diinisiasi melalui kegiatan PSBI,“ kata Faturachman.

Sementara itu, Magdalena mewakili pengurus dan jemaat gereja mengucapkan terima kasih kepada KPw BI Papua yang telah memberikan bantuan. Menurutnya, bantuan tersebut sejalan dengan kebutuhan jemaat.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut