get app
inews
Aa Read Next : Satu Orang Tenggelam Dibawah Jembatan Merah Youtefa

Tari Kolosal Berhasil Pecahkan Rekor MURI bersama Anak-anak di Papua pada Puncak HAN ke-40

Selasa, 23 Juli 2024 | 15:36 WIB
header img
Tari Kolosal yang berhasil memecahkan rekor MURI. (Foto: Darul Muttaqin)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Puncak Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tahun 2024 yang dipusatkan di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura diikuti 6.000 anak yang merupakan pelajar tingkat usia dini hingga SMA yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, Selasa (23/07/2024).

Puncak perayaan Han dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Ibu Wakil Presiden, Wury Ma’ruf Amin dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju serta para kepala daerah se Indonesia.

Tari Kolosal yang dibawakan oleh pelajar SD hingga SMP berjumlah 2.600 orang memukau para tamu undangan yang hadir. Jokowi dan Ibu Negara turut menari bersama anak-anak Papua. Tarian ini berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Operasional Museum Rekor Indonesia, Jusuf Ngadri kepada Tri Tito Karnavian sebagai Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) di hadapan Jokowi dan Ibu Negara.

Tak kalah memukau penampilan Jose, siswa SD yang berhitung matematika menggunakan metode gasing. Juga penampilan para polisi cilik (Pocil) memperagakan peraturan baris berbaris dan marching band yang ditampilkan oleh anak-anak dari pendidikan usia dini.

HAN pertama kali dilaksanakan tahun 1983, dan juga pertamakali dilaksanakan di Papua. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Usai acara, Jokowi menyampaikan rasa bahagianya karena dapat merayakan HAN bersama anak-anak di Papua.

Dia pun merespons positif Tari Kolosal yang berhasil memecahkan rekor MURI. Menurut Jokowi, industri kreatif di Indonesia bisa dimulai dari tarian tersebut. “Anak-anak kita sangat menjiwai tarian mereka,” ucapnya.

Jokowi berpesan kepada anak-anak Indonesia agar terus belajar dan belajar.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut