get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan Tinju MDF Trengginas 90 Resmi Digelar, Rafaeisal : Bersama Hidupkan Cabor Tinju

Breaking News! KKB Tembak Mati 1 Pekerja Proyek TJP Warga Pendatang di Distrik Sugapa Intan Jaya

Selasa, 13 Agustus 2024 | 17:49 WIB
header img
KKB tembak mati Raimon Gustam Kailimang, pekerja proyek Tigi Jaya Permai asal Makassar di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah, Selasa (13/8/2024). Foto korban saat dievakuasi ke rumah sakit. Humas Ops Damai Cartenz

INTANJAYA, iNewsJayapura.id– Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membuat teror dengan menembak mati Raimon  Gustam Kailimang, seorang pekerja proyek TJP (Tigi Jaya Permai) asal Makassar di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Selasa (13/8/2024)sekira pukul 14.55 WIT.

Sebelumnya bunyi tembakan terdengar dari arah Kampung Wandoga setelah personil Kopasgat menerbangkan drone untuk memantau area. Dari pantauan drone tersebut, terlihat satu korban tergeletak di area bawah sungai Wabu. 

Korban Raimon Gustam Kailimang mengalami luka-luka serius, di antaranya luka tembak pada bagian kepala yang menembus dari telinga kiri ke telinga kanan, luka tembak di lengan Kanan, luka tembak di dada kanan.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan, penembakan dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya , yang mengakibatkan korban meninggal dunia. 

"Yang melakukan penembakan adalah KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya," kata Brigjen Pol Faizal Ramadhani.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno mengungkapkan, kronologi kejadian. Pada hari Selasa, 13 Agustus 2024, sekitar pukul 14.55 WIT, di Kali Wabu, korban meninggal dunia Raimon Gustam Kailimang bersama rekannya, Robi Belau, turun ke kali untuk mengambil air. 

Setibanya di lokasi, mereka turun dari mobil dan mengeluarkan selang untuk menyedot air dari kali. Tiba-tiba, seorang anggota KKB dengan membawa senjata panjang mendekati mereka.

“Pelaku, yang diidentifikasi sebagai anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya. berdasarkan keterangan saksi dan hasil identifikasi foto, pelaku menembak korban Raimon Gustam Kailimang dari jarak sekitar satu meter. Pelaku juga melakukan pemukulan terhadap Robi Belau, rekan korban, sebelum melarikan diri ke arah Gunung Wabuk,” jelas Kombes Pol Bayu Suseno.

Saksi yang berada di lokasi kejadian adalah Robi Belau, warga Kampung Tigamasigi, yang juga menjadi korban pemukulan. 

Saat ini, kata dia, Robi Belau masih menjalani Pemeriksaan oleh tim penyidik Ops Damai Caretnz 2024 dan Polres Intan Jaya untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Kombes Pol Bayu Suseno menekankan bahwa korban merupakan masyarakat sipil dan bukan mata-mata pemerintah, seperti yang selalu dicurigai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Jenazah korban telah dievakuasi oleh Satgas Tindak Ops Damai Cartenz dan Satgas 509/BY ke Puskesmas Sugapa dan jenazah korban direncanakan akan dikirim ke Makasar Kampung halamanya pada rabu 14 Agustus 2024,” tandas Kasatgas Humas.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut