get app
inews
Aa Read Next : Polres Jayapura Berhasil Ringkus Pelaku Curas dan Barang Bukti Diamankan

Ratusan Massa KNPB Menyerah Dihadang Polisi

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 12:20 WIB
header img
Seruan aksi nasional usir kolonialisme lawan rasisme 15 Agustus 2024 yang di tunggangi oleh kelompok KNPB, bahkan kelompok KNPB. (Foto: Fery Fadly)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Satuan Kepolisian Polres Jayapura menyikapi aksi unjuk rasa “Tolak New york Agreement” yang di tunggangi ratusan massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai organisasi politik rakyat Papua dan sebuah kelompok masyarakat Papua, Polres Jayapura Mengerahkan seluruh anggota Polres Jayapura, yang dipimpin langsung kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay, Kabag OPS Polres Jayapura, Kompol Septen P. Sianturi dan Kasi Propam Polres Jayapura, Iptu Musa Ayakeding, untuk mengamankan dan memastikan wilayah Kabupaten Jayapura, Aman dan Kondusif.

Seruan aksi nasional usir kolonialisme lawan rasisme 15 Agustus 2024 yang di tunggangi oleh kelompok KNPB, bahkan kelompok KNPB telah menyebarkan selebaran seruan aksi demo jauh hari, puncaknya akan melaksanakan demo KNPB tanggal 15 Agustus untuk menyerukan kepada rakyat Papua : Mari satukan barisan perjuangan rakyat tanpa batas ras, suku, agama, kelompok dan unsur mana pun untuk menolak segala bentuk kolonialisme dan praktik rasisme di West Papua.

Bahkan Titik aksi sudah ditentukan di Taman Imbi Jayapura, dpn Kantor DPRP yang dimana Masa akan berkumpul dari Expo, Putaran Perumnas 3, Padang Bulan, Lingkaran Abepura, Entrop, Argapura, Angkasa, Dok 2 hingga Dok 9 dan juga Kota Sentani.

Puluhan masa KNPB dihalau personil Polres Jayapura di depan pasar ikan hidup daerah Nendali hati hilang yang akan menuju ke Kota Jayapura untuk melakukan demo, Kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay pun turun tangan dan berada di Pos - pos Penyekatan Massa aksi dan sejumlah sajam dan juga busur panah berhasil diamankan polisi.

Selain itu Polres Jayapura juga melakukan Swiping Sajam, dan kelengkapan kendaraan di jalan raya Sentani Waena, untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, dan Penambahan masa KNPB.

Polisi juga mengamankan pria bernama Sadrak salah satu Kordinator KNPB, bersama rombongan 1 mobil Grend Pick up dan 1 Truk berisikan Masa KNPB, 30 Bendera Bintang Merah Bertuliskan LAWAN juga di sita, Seragam Loreng armi pun ikut di sita.

Setelah mendapatkan arahan dan nasehat dari Kompol Septen P. Sianturi selaku Kabag ops Polres Jayapura Bersama anggota, masa aksi akhirnya pulang ke Rumah mereka masing-masing di BTN Matoa belakang pasar lama Sentani dikawal ketat oleh aparat kepolisian.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut