get app
inews
Aa Read Next : Mari-Yo Resmikan Posko Baramuda Solata, Militansi Pemuda Toraja Jangan Diragukan

Ribuan Pendukung dan Simpatisan Iringi Paslon DOAMU Jilid II Daftar di KPU Papua Barat

Kamis, 29 Agustus 2024 | 17:46 WIB
header img
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani Sirua saat menuju ke KPU Papua Barat. (Foto : Adrian Kairupan)

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Ribuan pendukung dan simpatisan dari semua keterwakilan lapisan Masyarakat turut mengantar pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani Sirua ke KPU Papua Barat di Arfai, untuk mendaftar, pada Rabu (28/08/2024).

Para pendukung dan simpatisan ikut mengantar pasangan bakal calon ini sambil menyuarakan "Doamu jilid II, lanjutkan!! Membangun dengan Hati, Mempersatukan dengan Kasih, seraya diiringi tarian adat dan kawalan ketat Masyarakat yang menginginkan sosok Kepala Suku Besar Arfak ini bisa terpilih kembali diperiode kepimpinan 2024 - 2029, sebagai Gubernur terpilih nantinya.

Turut hadir dalam iringan pendaftaran bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur, Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani dikesempatan itu, adalah para pimpinan partai politik (parpol) pengusung untuk tingkat DPD dan DPW di Provinsi Papua Barat, satu diantaranya adalah Partai Perindo. Seperti diketahui sendiri, Partai Perindo pada hasil Pileg 2024, berhasil mengamankan dua kursi DPRD yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Manokwari dan Daerah Pemilihan (Dapil) III Teluk Bintuni.

Sesuai pantauan, iNews.id, setibanya di halaman Kantor KPU Papua Barat di Arfai, paslon yang akrab dengan saapan jargon DOAMU di sambut Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya dan Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie beserta seluruh jajaran Komisioner KPU dan Bawaslu.

Kedua pasangan Cagub dan Cawagub tiba di Kantor KPU sekitar pukul 14.00 WIT, waktu setempat.

Pasangan Cagub dan Cawagub yang juga Incumbent periode 2024-2029 ini, lalu menjalani prosesi injak piring usai dan mengisi daftar hadir sebelum akhirnya masuk di dalam aula kantor KPU Papua Barat, bersama para pimpinan parpol pengusung.

Paskalis Semunya saat menerima Paslon DOAMU menyampaikan bahwa proses pendaftaran dilakukan secara elektronik dengan menggunakan Sistem Informasi Pencalonan (Silon), kemudian diikuti dengan berkas persyaratan fisik.

"Setelah penyerahan dokumen dan penandatanganan, maka akan disampaikan visi dan misi calon yang akan kita cocokan dengan pembangunan jangka panjang Provinsi Papua Barat," ucapnya singkat.

Proses penyerahan dokumen persyaratan kepada KPU diserahkan langsung oleh ketua tim koalisi pemenangan DOAMU, Markus Waran, yang juga merupakan Ketua DPP PDI-Perjuangan Provinsi Papua Barat mewakili seluruh Partai Pengusung.

Terpisah, Ketua Perindo Papua Barat, melalui Sekretaris Wilayah (Sekwil) Perindo, Ronaldo Rumngevoer, mengatakan menyambut baik serta mengapresiasi atas dukungan yang diberikan DPP Partai Perindo kepada Paslon DOAMU Jilid II.

Sebab, dukungan ini menjadi bukti solidnya koalisi yang telah terbentuk, serta dinilai mampu menjadi energi positif bagi perjuangan Paslon Doamu Jilid II untuk melanjutkan cita-cita membangun Bumi Kasuari Papua Barat yang menyeluruh melalui kerja sama politik ini.

Seperti diketahui, Dominggus Mandacan yang dengan tulus hati mau membangun tanah Papua Barat, sangat diakui semangat gotong royong dan merangkul semua elemen Masyarakat.

"Sifat kebapak-an, mau merangkul, dan penuh kasih dengan sesama ini, kami optimis bahwa pasangan DOAMU akan mampu meraih kemenangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, dalam Pilkada serentak tahun 2024," papar Ronaldo.

Dia lalu mengimbau, agar semua Kader dan simpatisan Perindo se-Papua Barat diminta menangkan Paslon Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani (Doamu) jilid II. Demikian imbauan dan ketegasan yang disampikannya merupakan perintah Partai melalui intruksi DPP.

"Untuk Kader Perindo pengurus dan simpatisan Perindo, bahwa sudah jelas dukungan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur adalah kepada Bapak Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani. Maka sudah tentu semua elemen dan mesin partai wajib memenangkan paslon yang telah diusung, yaitu DOAMU di jilid II ini,"Imbuhnya.

Sembari berharap, agar pelaksanaan Pilgub 2024 ini berjalan dengan sehat, saling menghormati, saling menghargai dan menjunjung tinggi nilai - nilai dan budaya kebersamaan membangun tanah papua dalam bingkai NKRI.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Perindo, Bidang Sosial dan Kebencanaan, Sri Gusni Febriasari mengatakan, bahwasannya DPP Perindo sangat mendukung penuh para calon yang akan maju dalam Pilgub dan Pilbup dalam Pilkada serentak di Wilayah Papua Barat.

"Jadi pendampingan dan kehadiran kami keterwakilan kami DPP, adalah bentuk dukungan Penuh dari DPP Partai Perindo kepada calon - calon yang kami usung. Seperti hari ini kita semua sama - sama telah mengawal langsung prosesi pendaftaran bapaslon calon Gubernur - calon Wakil Gubernur Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani, harapannya beliau bisa mendapatkan amanah dari seluruh lapisan Masyarakat se-Papua Barat, untuk meneruskan pemerintahan berikutnya di periode selanjutnya.

"Kita satu suara dari partai Perindo dan kita solid untuk bisa kerja secara penuh dan optimal, dengan penuh semangat menggerakan akar rumput agar bisa bersama memenangkan setiap para bakal calon yang diusung Perindo, seperti ditingkat Papua Barat, yakni paslon Bpk. Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani," paparnya.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut