Tethool Sebut Sandiaga Uno Dalang Dibalik Suksesnya Pariwisata Ngurbloat Tembus Pasar Mancanegara

Gery Ngamel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara. Foto: Blogger Media Indonesia

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan domestik di tahun 2021 berjumlah 12.500 pengunjung dan naik sebanyak 9.500 pengunjung pada tahun 2022 menjadi 22.000 pengunjung.

Angka kunjungan wisatawan mancanegara juga tak kalah saing. Dimana pada tahun 2021 hanya berjumlah 551 wisatawan, namun melonjak hingga dua ribu wisatawan di tahun 2022 atau naik sebanyak 1.449 pengunjung.

Dengan begitu, total wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngurbloat pada tahun 2021 sebanyak  92.028 wisatawan. Dan di tahun 2022 naik 32.394 menjadi 124.422 pengunjung.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut lantas juga berdampak signifikan terhadap sektor pendapatan.

Ronal menyebut pendapatan mereka di tahun 2022 mencapai satu milyar rupiah. Penghasilan itu didapat dari karcis masuk, belum terhitung pendapatan pelaku usaha.

Pendapatan itu ternyata melampaui target pihak pengelola yang  hanya bernilai lima ratus juta rupiah per tahun.

Komitmen Sandiaga Uno untuk membantu pengembangan Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat tak sebatas itu saja.

Buktinya, Penjabat Kepala Desa Ngilngo Andreas Resubun mengaku Sandiaga Uno juga mengucurkan anggaran Kemenparekraf tahun 2023 senilai Rp120 juta untuk Ngurbloat. Anggaran tersebut diperuntukan untuk pengadaan wahana wisata berupa satu unit speed boat, dua unit banana boat dan dua unit paddle boat.

“Dengan kehadiran Pak Menteri (Sandiaga Uno) itu sudah membuka jalan positif. Akses Ngurbloat tidak lagi statis tetapi bergerak terus menerus meningkat sehingga terbukti kita dapat sepuluh penghargaan itu,” ujar Resubun.

Editor : Damn

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network