Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Tingkat Kabupaten Jayawijaya Mulai Digelar

Fredy Nuboba
KPU Kabupaten Jayawijaya saat menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Kabupaten Jayawijaya, di Kantor DPRD Jayawijaya. Foto: Darul Muttaqin

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayawijaya mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024.

Rapat pleno dibuka oleh Komisioner KPU Jayawijaya Bidang Divisi Teknis, Sonimo Lain mewakili Ketua KPU Jayawijaya di kantor DPRD Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa (27/2/2024).

Sonimo menyampaikan terimakasih atas partisipasi masyarakat di Kabupaten Jayawijaya yang telah memberikan hak suaranya sehingga pemilu berjalan dengan aman dan lancar, meskipun masih terjadi beberapa pemilu ulang akibat beberapa hal.

"Tentunya dalam pelaksanaan pemungutan suara masih terjadi beberapa masalah dan kelemahan, namun perlu kita maknai bersama, itu semua merupakan bagian dinamika demokrasi di Kabupaten Jayawijaya," ucapnya.

Sonimo juga menyampaikan terimakasih kepada para peserta pemilu yang telah bersama melaksanakan seluruh tahapan, terlebih penetapan daftar pemilih tetap atau DPT, penetapan daftar calon tetap (DPC), maupun pelaksanaan kampanye yang telah mengeluarkan banyak energi.


Komisioner Bwaslu Kabupaten Jayawijaya saat menghadiri rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Kabupaten Jayawijaya, di Kantor DPRD Jayawijaya. Foto: Darul Muttaqin

"Saat ini kita pada tahapan masa penyerahan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) dengan batas waktu sampai tanggal 28 Februari 2024 sesuai PKPU 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum," jelas Sonimo.

Dia juga mengingatkan bahwa pelaksanaan rapat pleno secara berjenjang dari tingkat distrik ke pusat berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2024 tentang rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan pemilihan umum.

Sonimo mengajak untuk menjunjung tinggi sportifitas, menyiapkan ruang-ruang khusus untuk menyampaikan saran dan masukan, dan tentunya disesuaikan dengan tata tertib rapat pleno terbuka pada tingkat  Kabupaten Jayawijaya.

"Saya berharap sesama penyelenggara pemilu yaitu Bawaslu untuk terus mendukung tahapan rapat pleno penghitungan perolehan suara," kata Sonimo.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Pemerintah Daerah, perwakilan TNI dan Polri, Kepala Kejari Wamena, Ketua Pengadilan Negeri Wamena, staf dan anggota Sekretariat KPU Jayawijaya dan Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Jayawijaya, Panwas, PPD, para saksi, dan Pimpinan partai politik se-Kabupaten Jayawijaya.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network