Lahir dari Rakyat, KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas Paslon YO-JOIN Lengkap dan Diterima

Adrian Kairupan
Paslon YO-JOIN, jagoan Perindo di Pilkada Teluk Bintuni, saat menerima tanda terima berkas lengkap dari Ketua KPU Teluk Bintuni. (Foto : Adrian Kairupan)

TELUK BINTUNI, iNewsJayapura.id - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy - Joko Lingara, secara kompak melaksanakan deklarasi sekaligus mengikuti prosesi arak - arakan bersama ribuan pendukung dan simpatisan saat mendaftar pencalonan di KPU Teluk Bintuni. Kedua paslon tiba di Kantor KPU, yang terletak di Kampung Tisay, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (29/08/2024), sekira pukul 13.15 wit.

Mengusung tema 'Serasi Membangun Teluk Bintuni', Deklarasi pasangan calon kepala daerah yang sangat dikenal dengan jargon YO-JOIN tersebut, menandakan paslon yang muda energik dan bersahabat ini, merupakan sosok pemimpin yang lahir dan tumbuh serta memahami permasalahan rakyat yang sedang dirindukan saat ini.

Pasangan Yohanis Manibuy - Joko Lingara sendiri sudah diusung oleh 4 partai politik (Parpol), pengusung yaitu Partai Golkar (4 Kursi), PPP (4 Kursi), Partai Perindo (3 Kursi), Partai PAN (1 Kursi) dan Partai pendukung yang berasal dari sejumlah partai non seat hasil perolehan suara sah partai politik peserta pemilu pada pileg 2024.

Terdiri dari, PSI (2.251 suara sah), PKB dengan (1.517 suara sah), Hanura (675 suara), Partai Ummat (216 suara sah), Gelora (800 suara sah), dan Garuda (103 suara sah), dengan total akumulasi suara sah partai non seat sebesar 5.562 suara.

Ketua KPU Teluk Bintuni, Muhammad Makmur Memed Alfajri saat menyampaikan pernyataan pembuka, dilanjutkan penyerahan dokumen berkas dukungan Parpol dan biodata Kandidat yang diterima olehnya secara langsung menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada paslon Yohanis Manibuy - Joko Lingara (YO-JOIN), yang mana telah hadir sesuai jadwal dan tahapan yang berlangsung, dan mampu membuktikan setiap berkas pencalonan dukungan sebagaimana diperuntukan dengan baik adanya.

"Terima kasih saya terima berkasnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan syarat pencalonan dan syarat calon,"Kata Ketua KPU Teluk Bintuni, Muhammad Makmur Memed Alfajri.

"Setelah pemeriksaan berkas kami nyatakan lengkap dan diterima,"Lanjut Ketua KPU yang memimpin Rapat Pleno dikesempatan tersebut.

Memed dikesempatan itu lalu berharap, pesta demokrasi pilkada Teluk Bintuni tahun 2024, kiranya menjadi kirab sarana untuk masyarakat di tanah sisar matiti bisa lebih mendapatkan informasi dan pencerahan yang baik akan pentingnya mengawal pelaksanaan demokrasi secara santun dan cerdas, dan mampu memahami baik setiap visi - misi, ide dan gagasan dari setiap pasangan calon kepala daerah.

Hal ini dengan harapan, agar kepada setiap para paslon kandidat dapat memberikan sosialisasi dan pendidikan politik secara humanis, mengingat pentingnya ketertiban dan stabilisasi keamanan di daerah ini harus bisa terjamin. Sebab, edukasi dan sosialisasi bukan hanya tugas penyelenggara pemilu semata, tapi seluruh pemangku kepentingan, termasuk partai politik dapat mengedukasi setiap masyarakat.

"Karena ini pesta, maka sudah tentu ada hiburan, ada kemeriahan. Itu yang kita harapkan. Maka sudah tentu, kita harapkan adalah setiap para paslon kandidat, kiranya bisa bersama - sama memberikan  edukasi dan pendidikan politik yang baik, santun, sehingga proses pelaksanaan pilkada, baik sebelum sampai dengan selesainya, bisa berjalan aman, tertib dan lancar. Kita harap pelaksanaan pesta demokrasi pilkada serentak tahun 2024 di kabupaten teluk bintuni dapat berjalan maksimal,"Ucap Memed.

Sembari menambahkan, bahwa proses Pendaftaran bakal pasangan calon hari terakhir akan tutup pada kamis (29/8) pukul 23.59 WIT. Dia juga mengatakan, bahwa setelah melakukan penyerahan berkas ke KPU, para paslon (YO-JOIN) sudah bisa melakukan tes kesehatan keesokan harinya.

"Perlu saya tekankan juga, bahwa di kesempatan ini bakal calon yang hadir adalah salah satu putra-putra terbaik teluk Bintuni, Selamat datang bakal pasangan calon Bapak Yohanis Manibuy - Joko Lingara,"Cetus Ketua KPU Teluk Bintuni Memet Alfajri.

Terpisah, sebagai Balonkada yang turut dijagokan Perindo dalam perhelatan Pilkada Teluk Bintuni 2024, sosok Yohanis Manibuy menegaskan, bahwa pihaknya menyatakan siap menjadikan ajang ini sebagai pesta rakyat yang meriah, dan merangkul semua elemen Masyarakat.

Kata dia, sebagai calon yang lahir dan hadir karena kondisi serta tuntutan rakyat, maka sudah tentu pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni yang dikenal dengan akronim YO-JOIN, meyakini bahwa dengan modal sosial yang telah dipupuk bersama rakyat, dapat mendorong YO-JOIN akan menang dan berani bertindak demi mencapai tujuan bersama yaitu kepentingan rakyat, diatas tanah dan negeri 7 suku sisar matiti.

Adapun pasangan Yohanis Manibuy dan Joko Lingara di antar oleh ribuan loyalisnya dari sekretariat pemenangan di Kampung Lama Distrik Bintuni Kabupaten Teluk Bintuni, dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat melintasi jalan utama Kabupaten teluk Bintuni menuju Kantor KPU.

Yohanis Manibuy Bakal Calon Bupati Teluk Bintuni mengatakan koalisi pendukung YO JOIN dibentuk atas panggilan moral dan etika dalam berpolitik santun dan cerdas, untuk membangun Teluk Bintuni kearah lebih baik.

"Koalisi ini terbentuk atas panggilan moral untuk membangun Teluk Bintuni tanpa ada kepentingan apa-apaan,"Kata Yohanis Manibuy.

Editor : Darul Muttaqin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network