Serangkaian Keberhasilan Brigjen Faizal Ramadhani selama menjadi KaOps Damai Cartenz 2023-2024

Fredy Nuboba
Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani. (Foto : Istimewa)

Kombes Pol. Bayu Suseno, menjelaskan, 4 (Empat) hari berselang Satgas Ops Damai Cartenz-2024, berhasil membawa terdakwa atas nama Penihas Heluka alias Kopi Tua Heluka ke Pengadilan Negeri Wamena Kelas IIA karena terbukti secara sah terlibat dalam kasus pembunuhan terhadap Pratu Eka Johan Kaize di Perum Pemda Yahukimo Dan Brigadir Usdar di depan Bank BRI unit Dekai, Yahukimo.

Selanjutnya, Pada minggu 18 Februari 2024, 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama ALENUS TABUNI alias KOBUTER diamanakan oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga Kabuapten Puncak saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan puskesmas Distrik Ilaga.

Pada 20 Februari 2024, tepatnya di Hotel Lavela In, Mimika, Satgas Ops Damai Caetenz-2024 berhasil Mengamankan seorang anggota KKB, EPSON NIRIGI yang berperan sebagai penyuplai amunisi dan senjata api kepada kelompok KKB Kodap III Ndugama, Pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Mimika, Papua Tengah dan diakhir bulan Pada Kamis 22 Februari 2024, Aparat Gabungan TNI-Polri Satgas Damai Cartenz-2024 dan Satgas Yonif 7 Marinir Yahukimo Berhasil melakukan penindakan di Area Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

“Dalam Peristiwa itu, Tim gabungan berhasil melumpuhkan 1 orang yang diduga merupakan anggota KKB serta mengamankan 2 orang saksi di TKP penindakan”, terang Kombes Pol. Bayu Suseno.

Lanjutnya, pada bulan Maret 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, berhasil tangkap 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, atas nama Jukius Tabuni (32 tahun) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Sebulan kemudian, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 bersama Satgas Amole 2024 dan Satgas Nanggala berhasil menembak mati 2 anggota KKB wilayah Mimika yang diduga Abubakar Kogoya atau (ABK), dan Demianus Magay (DM) di sekitar Kali Kabur, Mile 69 Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika

Pada Senin 8 April 2024, Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil mengamankan satu orang KKB atas nama Bui Wonda alias Bossman Wenda terkait senjata dan amunisi dan Pada Kamis, 11 April 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 Wilayah Yahukimo berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB aktif kelompok Kopi Tua Heluka dan kelompok Yotam Bugiangge. Mereka adalah Afrika Heluka, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Yotam Bugiangge.

Pada bulan Mei 2024, Personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz-2024 mendampingi tim Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Nduga Provinsi Papua Pegunungan melimpahkan tersangka EN alias Epson Nirigi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Wamena Kabupaten Jayawijaya dan juga berhasil mengamankan seseorang yang diduga sebagai pelaku pembunuhan Almarhum Danramil 1703- 4/Aradide, Lettu (Anm.) Oktovianus Sogalrey yang tertangkap Tengah membawa kabur telepon genggam milik korban.

Editor : Darul Muttaqin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network