Serangkaian Keberhasilan Brigjen Faizal Ramadhani selama menjadi KaOps Damai Cartenz 2023-2024

Fredy Nuboba
Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani. (Foto : Istimewa)

Kombes Pol. Bayu Suseno, menerangkan, selanjutnya, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil membekuk anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Lupa Waker alias Lupa Walo, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Tidak hanya itu, Aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 kembali berhasil Menembak Mati 1 Anggota KKB atas nama, Basoka Lawiya alias Masyarakat Kogoya yang merupakan Ajudan pimpinan KKB Undius Kogoya, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

“Dibulan Juni 2024, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap “M.O” saat hendak melakukan transaksi jual beli senjata di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura dan juga Satgas Ops Damai Cartenz-2024, telah berhasil menangkap Petrus Oyaitouw berusia 74 tahun (petani) di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura terkait kasus kasus jual beli senjata api di Jayapura”, terang Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno.

Lanjutnya, pada tanggal 7 Juni, Satgas Damai Cartenz berhasil menangkap Sarius Indey, Tersangka Baru Kasus Senjata Api di Hamadi, Kampung Nelayan, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Seminggu kemudian Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua berhasil menduduki Markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pimpinan Undius Kogoya di Distrik Bibida Kabupaten Paniai.

“Tidak berhenti disitu, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan TNI-Polri berhasil menembak mati satu KKB disekitar markas KKB di Distrik Bibida, Paniai, yang diduga merupakan KKB dari kelompok KKB Undius Kogoya.” Ujar Kombes Pol. Bayu Suseno.

Pada Juli 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, berhasil menangkap Satu KKB atas nama Basoka Lawiya yang merupakan KKB Kodap VIII Intan Jaya Pimpinan Undius Kogoya di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupeten Nabire, Papua Tengah Dan pada Agustus 2024, Aparat Gabungan TNI-Polri satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil mengevakuasi Jenazah pilot helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning dari Distrik Alama ke Timika.

Kombes Pol. Bayu Suseno. Menambahkan, Pada Kamis 8 Agustus 2024 hingga Sabtu 10 Agustus 2024, Satgas Ops Damai Cartenz 2024, Satgas Amole, dan Anggota Brimob Batalyon B Pelopor Polda Papua, Berhasil melakukan pengibaran bendera Merah Putih di puncak Gunung Cartensz, titik tertinggi Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut dalam rangka Menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

“Tidak hanya sampai disitu, tepatnya di hari Kemerdekaan RI Ke 79, Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap dan mengamankan DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga, Rife Kerebea, alias Erik, alias Trisna Telenggen yang merupakan orang kepercayaan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Tengah.” Tutur Kombes Pol. Bayu Suseno.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Bayu Suseno, menambahkan bahwa keberhasilan yang dicapai oleh Satgas Ops Damai Cartenz selama kepemimpinan Brigjen Faizal Ramadhani telah berjalan dengan sangat maksimal. Hal ini terlihat dari tindakan tegas terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebabkan banyak anggota KKB berhasil dilumpuhkan, dan beberapa di antaranya tewas dalam operasi Damai Cartenz di Papua.

“Selain itu, anggota KKB yang ditangkap telah menjalani proses hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku”. tutup Kombes Pol. Bayu Suseno.

Editor : Darul Muttaqin

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network