get app
inews
Aa Read Next : Antusias Pelajar di Keerom Mengikuti Pelatihan Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0

Beredar Gambar WNA Pegang Bintang Kejora, Danrem 172/PWY : Upaya KST Sebar Hoax

Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:54 WIB
header img
Danrem 172/PWY, Brigjen TNI JO Sembiring saat diwawancara dalam satu kesempatan. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.id -  Kelompok Separatis Teroris atau KST/KKB terus berupaya menyebar hoax dan memprovokasi masyarakat melalui postingan di media sosial (medsos).

Terlihat seorang warga negara asing (WNA) memegang tiang yang terikat bintang kejora dengan narasi pria bule tersebut sebagai Pilot pesawat Susi Air, Philip Mark Mehrtens asal Selandia Baru. Sabtu (11/2/2023).

Setelah ditelisik, gambar tersebut merupakan berita setahun lalu yakni pada Kamis (24/2/2023). Terlihat sang bule mengenakan celana selutut berdiri di tengah sekelompok pria yang menggenggam senjata laras panjang.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyayangkan hal tersebut.

Pangdam menegaskan bahwa hingga kini pilot Susi Air masih dalam proses pencarian oleh aparat keamanan yang diduga bersama kelompok KST di wilayah Nduga, Papua Pegunungan.

‘’Masih terus dilakukan pencarian sesuai kondisi di lapangan,’’ kata Pangdam di Mimika saat menggelar jumpa pers, Jumat (10/2/2023).

Sementara itu, Danrem 172/PWY, Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring mengatakan, KST terus berupaya menyebar hoax dan memprovokasi masyarakat dengan berbagai cara, salah satunya lewat postingan di medsos.

Bahkan sebelumnya, kata Danrem, KST menyebar informasi ke masyarakat Paro di Nduga bahwa TNI melancarkan operasi militer dan mengancam masyarakat.

"Semua itu tidak benar, itu adalah upaya provokasi gerombolan KST dan simpatisannya. Mereka  memutarbalikan fakta, jika terus dilakukan, bisa melanggar undang-undang," ucap Danrem.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut