get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Relawan Padati Rapat Akbar di Jayawijaya, Tekad Bulat Menangkan Kedua Paslon

Tim Gabungan Amankan 7 Orang Kasus Penembakan Pesawat Trigana Air di Bandara Nop Goliat

Minggu, 12 Maret 2023 | 14:42 WIB
header img
Pesawat Trigana Air usai ditembaki oleh OTK di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo, Papua Pegunungan. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Tim gabungan TNI dan Polri berhasil mengamankan tujuh orang pasca penembakan pesawat Trigana Air jenis Boeing di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan pada Sabtu (11/3/2023).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, penangkapan terhadap tujuh orang tersebut setelah tim gabungan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian.

‘’Ketujuh orang tersebut diamankan beserta barang bukti berupatiga unit sepeda motor merek Vario warna hitam, Beat warna hitam, Supra X warna merah hitam, satu buah panah, satu buah pisau, satu buah sabit, satu buah busur dan satu buah sangkur,’’ jelas Benny.

Benny mengatakan bahwa ketujuh orang tersebut diamankan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan mencari barang bukti senjata api yang dipakai untuk melakukan penembakan.

“Saat ini tim gabungan TNI-Polri melakukan patroli di seputaran area Kota Dekai untuk mengantisipasi gangguan keamanan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Yahukimo menyelidiki bunyi tembakan sebanyak  sembilan kali yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) pada saat pesawat Jenis Trigana Air PK YSC B 373-500 mendarat dan terbang dari Bandara Nop Goliat Dekai.

Kejadian berawal dari informasi personel Opsnal Polres Yahukimo yang melakukan pengamanan di area Bandara tersebut.

“Sekitar pukul 13.35 WIT, melalui handytalkie (HT) dari personel Opsnal Polres Yahukimo bahwa telah terdengar bunyi tembakan sebanyak empat kali pada saat pesawat Trigana Air  landing di Bandara Nop Goliat Dekai yang berasal dari arah seputaran Kali Brasa Dekai,” jelas Benny.

Tim gabungan bersama pihak maskapai Trigana Air kemudian melakukan pengecekan bodi pesawat, namun tidak ditemukan bekas tembakan.

“Pada saat take off menuju Bandara Sentani Jayapura, pesawat tersebut kembali ditembaki sebanyak lima kali. Sesampainya di Bandara Sentani, dilakukan pengecekan ulang, terdapat satu lubang bekas tembakan di bawah kursi penumpang,’’ kata Benny.

Tim gabungan langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku dan menyisir tempat-tempat rawan di area Bandara Nop Goliat.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut