get app
inews
Aa Read Next : Berjibaku Melawan Para Juara Bertahan, Atlet Biliar PWI Pabar Melaju ke Final Porwanas XIV Kalsel

Rakor Fordasi 2023 di Manokwari Hasilkan 8 Rekomendasi

Rabu, 27 September 2023 | 21:48 WIB
header img
Rakor Fordasi 2023 di Manokwari menghaasilkan 8 rekomendasi. Foto: Ist

MANOKWARI, iNews.id - Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Fordasi) tahun 2023 yang berlangsung selama dua hari (26-27 September 2023) di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menghasilkan delapan rekomendasi yang dikenal sebagai 'Pesan Manokwari'.

Delapan 'Pesan Manokwari' ini dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Jacob S Fonataba, pada penutupan Rakor Fordasi 2023, pada Rabu malam.

"Delegasi Fordasi setuju untuk mengumumkan 'Pesan Manokwari' yang membahas tentang kemitraan untuk meningkatkan daya saing wilayah-wilayah khusus dan/atau istimewa," kata Jacob Fonataba.

Dia menjelaskan bahwa rekomendasi pertama adalah menerima Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya sebagai anggota baru Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia.

Rekomendasi kedua adalah meningkatkan koordinasi kemitraan secara intensif antara wilayah-wilayah desentralisasi asimetris dengan daerah lainnya untuk membangun kerja sama yang lebih spesifik dan konkret guna meningkatkan daya saing wilayah tersebut.

Ini dapat dicapai melalui identifikasi, pengembangan, dan kerja sama dalam pemasaran produk unggulan masing-masing wilayah di sektor pertambangan, pertanian, ketahanan pangan, perikanan, pariwisata, industri kreatif, infrastruktur, dan kebudayaan.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut