get app
inews
Aa Read Next : Berjibaku Melawan Para Juara Bertahan, Atlet Biliar PWI Pabar Melaju ke Final Porwanas XIV Kalsel

Rakor Fordasi 2023 di Manokwari Hasilkan 8 Rekomendasi

Rabu, 27 September 2023 | 21:48 WIB
header img
Rakor Fordasi 2023 di Manokwari menghaasilkan 8 rekomendasi. Foto: Ist

Selanjutnya, asistensi dan pertukaran pengetahuan, serta teknologi, untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang unggul.

"Kemudian, Kementerian Dalam Negeri akan memfasilitasi penandatanganan kesepakatan bersama mengenai kerja sama antara wilayah-wilayah khusus dan/atau istimewa sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Jacob.

Rekomendasi ketiga adalah memperkuat kelembagaan Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia sebagai mitra strategis Kementerian Dalam Negeri dalam menerapkan desentralisasi asimetris dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pelaksanaan teknisnya akan dilakukan melalui penunjukan Sekretariat Bersama Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Sekber Fordasi) di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan melibatkan personel dari perangkat daerah yang memiliki urusan khusus dan/atau istimewa.

"Dalam mengelola Forum Desentralisasi Asimetris ini, penting untuk melibatkan personel dari perangkat daerah," kata Jacob.

Dia melanjutkan bahwa rekomendasi keempat adalah untuk mendorong fasilitasi dan dukungan dari Pemerintah Pusat dalam meningkatkan daya saing wilayah-wilayah desentralisasi asimetris yang masih tertinggal.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut