get app
inews
Aa Read Next : Polres Mimika Berhasil Amankan Pelaku Aksi Saling Serang di Kabupaten Nduga

Satgas Yonif 433/JS dan Warga Distrik Dal, Sukses Bangun Jembatan

Senin, 13 November 2023 | 19:58 WIB
header img
Satgas Yonif 433 Julu Siri Divif 3 Kostrad bersama masyarakat Nduga sukses bangun jembatan. Foto: Istimewa

NDUGA, iNewsJayapura.id - Prajurit Satgas Yonif 433 Julu Siri Divif 3 Kostrad bersama warga Distrik Dal Kabupaten Nduga Papua Pegunungan sukses membangun jembatan di sungai Pan-Pan.

Jembatan itu dibangun untuk menghubungkan Distrik Dal dan Distrik Mbua, agar mempermudah dan memperlancar berbagai macam kegiatan warga dan Pemerintah setempat.

Berdasarkan foto dan video yang diperoleh, terlihat para prajurit dan warga bergotong royong menarik besi baja berat ketengah sungai dengan menggunakan tali. Setelah menarik besi baja, kemudian disambungkan untuk menjadi jembatan. Proses pengerjaan jembatan ini dilakukan secara manual. Meskipun demikian, para prajurit dan warga setempat sukses membuat jembatan. 

Sebelum jembatan ini dibangun, jalan utama yang menghubungkan Distrik Dal dan Distrik Mbua harus menyeberangi sungai. Namun jika terjadi banjir disungai Pan-Pan, segala macam kegiatan baik itu kegiatan masyarakat dan pemerintah setempat tertunda.

Warga Distrik Dal, Plapen Wasiangge mengatakan jembatan yang dibangun ini dikerjakan secara manual dan jembatan itu berukuran panjang 8 meter dan lebar 4 meter. Kehadiran jembatan ini disambut gembira oleh masyarakat lokal.

"Kami sangat berterima kasih kepada Prajurit Pos Dal 433 Julu Siri karena telah membangun jembatan. Sekarang anak-anak kami bisa bersekolah dengan aman, dan transportasi kami menjadi lebih lancar," ujar Plapen Wasiangge, warga Distrik Dal.

Danpos Dal Satgas Yonif 433 Julu Siri, Lettu Inf Bara Warna menyampaikan bahwa pembangunan jembatan ini adalah bukti dukungan dan persatuan antara TNI dan masyarakat lokal.

Dalam proses pembangunannya, tidak hanya pria dewasa yang terlibat, tetapi juga ibu-ibu dan anak-anak sekolah. Ia berharap, jembatan ini akan berdampak positif jangka panjang bagi kehidupan masyarakat Distrik Dal.

Dansatgas Mobile Yonif 433 Julu Siri, Letkol Inf Laode Muhammad Idrus mengatakan pentingnya prajurit Julu Siri dalam menjaga keamanan, berinovasi, dan menjadi solusi bagi kesulitan yang dihadapi masyarakat sekitar.

“Tugas Satgas Yonif 433 Julu Siri bukan hanya menjaga keamanan, tetapi juga melakukan pembangunan dan membantu masyarakat setempat ” ungkapnya.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut