get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kemandirian Melalui Program Pemberdayaan Sosial, Kemensos Berikan Pelatihan SPKL

Antusias Warga Papua Jalani Operasi Katarak Gratis Kemensos

Kamis, 14 Desember 2023 | 21:05 WIB
header img
Warga Papua sesaat sebelum melakukan operasi katarak di RS Bhayangkara Jayapura. Foto : Syahriah Amir

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Ratusan warga Papua yang berada di Jayapura dan sekitarnya menjalani operasi katarak secara gratis di RS Bhayangkara Jayapura.

Operasi tersebut merupakan bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan Bank BNI dan YPP SCTV Indosiar.

Warga pun sangat antusias menyambut operasi ini, salah satunya Haryantoro. Warga asal Sentani, Kabupaten Jayapura yang berumur 61 tahun ini telah lama menantikan adanya operasi katarak gratis.

Menurut Haryantoro, penglihatannya yang menurun secara drastis sejak tahun 2021 membuatnya mengalami berbagai kesulitan.

"Sangat terganggu, mata saya berair. Saat melihat pun seperti berkabut, jadi ya sering kesulitan," tutur Haryantoro.


Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan operasi katarak gratis di RS Bhayangkara Jayapura. Foto : Syahriah Amir

Mendapatkan kabar dari saudara, Haryantoro segera mendaftarkan diri dan sangat bersyukur bisa lolos menjalani operasi katarak. Pria ini pun tak hentinya mengucap syukur.

"Saya berterima kasih kepada Kemensos sudah mengadakan bakti sosial dengan diadakannya operasi katarak secara masal. Ini sangat membantu," ucapnya.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini yang meninjau langsung pelaksanaan operasi tersebut mengatakan akan mengevaluasi lebih lanjut apakah operasi ini bisa dilakukan lagi.

"Saya akan evaluasi, apakah bulan depan memungkinkan untuk diadakan operasi gratis lagi. Karena katarak ini fatal, begitu terlambat bisa terjadi kebutaan permanen dan membuat tidak produktif," ungkap Risma usai meninjau pelaksanaan operasi, Kamis (14/12/2023).

Namun, Risma menyayangkan lantaran dari 209 calon pasien yang mendaftarkan diri untuk mengikuti skrining pra operasi, hanya 100 orang dinyatakan layak mengikuti operasi.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura, dr. Arif Tria menyampaikan, terima kasih kepada Kemensos yang telah memilih RS Bhayangkara sebagai tempat pelaksanaan operasi.

Arif mengatakan, pelaksanaan operasi  katarak secara gratis dari Kemensos merupakan yang pertama kali dan berlangsung selama tiga hari (13-15 Desember 2023) setelah melalui proses skrining pada 9-10 Desember lalu.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut