get app
inews
Aa Read Next : Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Tingkat Provinsi Papua Pegunungan Diskors

Sempat di Palang, Sekretatiat PPD Mamteng Dibuka Kembali

Kamis, 08 Februari 2024 | 17:19 WIB
header img
Ketua dan anggota KPU Mamberamo Raya didampingi Kapolsek Mamteng saat memberikan penjelasan kepada anggota PPS dikantor. Foto: George Wersay

MAMBERAMO RAYA, iNewsJayapura.id - Ruang Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan/Distrik (PPK/PPD) dan pintu samping kantor Distrik Mamberamo tengah sempat menjadi aksi sasaran pemalangan dari sejumlah Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) kampung, distrik Mamberamo Tengah yang menuntut pembayaran honor bulan januari dan kenaikan biaya operasional penyelenggara. Rabu (07/02/2024).

Aksi pemalangan yang dilakukan sejak pukul 11:00 WIT ini langsung mendapat perhatian serius dari tiga komisioner KPU besama Kapolsek Mamteng dan anggota yang turun langsung ke kantor distrik untuk bertemu dan berkoordinasi dengan para anggota PPS.

Dihadapan para anggota PPS Distrik Mamberamo Tengah usai menerima kronologis pemalangan dari ketua PPD, Yosias Ruamba mengatakan persoalan yang saat ini dihadapi oleh sejumlah anggota PPS sudah diketahui oleh para komisioner dan sementara persoalan keuangan masih dalam tahap proses yang dilakukan oleh pihak sekreariat di kantor KPPN Jayapura.

"Ada hal-hal menyangkut keuangan yang perlu kita ketahui dan menjadi perhatian kita semua adalah tahun ini ada perbedaan pelaksanaan pemilu dengan tahun 2019  dimana sebelumnya hanya memilih perwakilan DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi dan kabupaten/kota namun tahun ini pemilihan Presiden dan juga Wakil Presiden dilaksanakan bersamaan, sehingga dalam proses transaksi keuangan juga mengalami perubahan, alalagi sekarang ini semuanya dilakukan melalui sistim aplikasi dan kami sendiri komisioner tidak mengerti proses keuangan tersebut karena itu merupakan kewenangan sekretaris dan kesekretariatan bagian keuangan jelasnya dihadapan anggota PPS kampung distrik mamteng yang melakukan aksi pemalangan.

Usai memberikan pemahaman dan mendengar langsung apa menjadi tuntutan para PPS. Dirinya meminta kepada para anggota PPS untuk segera melepas palang.

"kami minta saat ini teman-teman bisa melepas palang dan memberikan kesempatan kepada teman-teman PPD untuk bekerja, persoalan ini akan segera kami bahas dan putuskan melalui rapat pleno KPU Kabupaten Mamberamo Raya siang ini." Pungkasnya.

Ditempat yang sama juga saat memberikan penjelasan ketua KPU Barnabas Dude menambahkan bahwa nenyikapi persoalan yang terjadi dirinya langsung berkomunikasi dengan kepala sekretariat guna mendapat jawaban pasti mengenai proses penyelesaian hak-hak para PPS,

"Untuk persoalan ini teman-teman tidak perlu kuatir lagi karena saya tadi (kemarin/red) sudah telpon kepala sekretariat dan beliau pastikan paling lambat jumat ini (lusa) proses pembayaran sudah dapat dilaksanakan."pungkasnya

Setelah mendengar arahan dan tanggapan dari anggota komisioner dan ketua KPU palang yang menutupi pintu sekretariat PPD kemudian dilepas secara bersama-sama oleh anggota Polsek Mamberamo Tengah dan PPS.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut