get app
inews
Aa Read Next : 436 Honorer K2 Pemkab Puncak Lolos Seleksi CPNS

Deklarasi Pemilu Damai , MRP Papua Pegunungan Harap Keberpihakan pada OAP

Selasa, 13 Februari 2024 | 05:17 WIB
header img
Majelis Rakyat Papua Pegunungan (MRPP) deklarasi Pemilu Damai di Wamena, Jayawijaya. Foto : Marco Kerda

WAMENA, iNewsJayapura.id - Menjelang pencoblosan pemilihan umum (Pemilu) 2024, 41 anggota Majelis Rakyat Papua Pegunungan (MRPP) mendeklarasikan Pemilu Damai yang berpihak pada orang asli Papua atau OAP, serta bakal mengerahkan seluruh anggota lembaga tersebut untuk mengawal pesta demokrasi di 8 Kabupaten di provinsi tersebut.  

Ketua MRPP, Agus Nikilik Hubi didampingi Wakil Ketua II Beni Mabel serta puluhan anggota di Sekretariat MRPP menyatakan, MRPP meminta kepada Komisi Pemilihan Republik Indonesia untuk dapat menindaklanjuti sejumlah poin menjelang pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang.

"Bahwa semua partai Politik, KPU, TNI/POLRI, Pemerintah Daerah, dan masyarakat untuk sukseskan Pemilu di Provinsi Papua Pegunungan," ucap Agus di Wamena, Jayawijaya, Senin (12/2/2024).
 
Poin pertama dan kedua menyebutkan DPR RI dan DPD RI Dapil Papua Pegunungan serta DPRP Provinsi Papua Pegunungan semestinya menjadi hak para calon anggota Legislatif yang berasal dari OAP, dengan presentase 100 persen.

Dia pun menyebut, untuk kursi legislatif baik di tingkat DPR RI Dapil Papua Pegunungan, DPR Provinsi Papua Pegunungan dan DPR Kabupaten agar memperhatikan keterwakilan Perempuan OAP sesuai ketentuan keterwakilan Kuota Perempuan 30 persen.

"Kami berharap Ketua KPU RI agar dapat mengakomodir aspirasi sebagaimana dimaksud kepada pimpinan partai politik sebagai wujud keberpihakan kepada masyarakat Adat OAP," pungkasnya.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut